%0 Thesis %9 Skripsi %A MAHERLINA MUNA AYUHANA, NIM. 09410121 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2012 %F digilib:9910 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K metode kibar, al-qur'an %T PENERAPAN METODE KIBAR DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TAMAN KANAK-KANAK AL-QUR’AN PLUS KIBAR YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9910/ %X MAHERLINA MUNA AYUHANA. Penerapan Metode Kibar Dalam Pembelajaran Al-Qur‟an Di Taman Kanak- Kanak Al-Qur‟an Plus Kibar Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa metode mempelajari al-Qur‟ān sudah banyak bermunculan, dari yang konvensional sampai kontemporer, dari yang mudah sampai yang sulit, lokal maupun impor. Bahkan ada beberapa tempat yang masih menggunakan model konvensional (tradisional) dalam menghafal, meskipun pesertanya adalah anak-anak. Adapun beberapa metode yang biasa digunakan untuk dapat membaca al-Qur‟ān diantaranya Iqra‟, Al-Barqy, Qirā‟ati, Qā‟idah Bagdādiyyah, metode Abajad, metode suara, dan lain-lain. Model menghafal alQur‟ān yang tepat untuk usia TK, yakni penggabungan antara model visual, auditorial, dan kinestetik (gambar, cerita dan gerakan). Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Kibar dalam pembelajaran alQur‟ān bagi siswa-siswi di TK Al-Qur‟ān Plus Kibar Yogyakarta ?, apakah metode Kibar dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟ān bagi santri di TK AlQur‟ān Plus Kibar Yogyakarta?, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan metode Kibar di TK Al-Qur‟ān Plus Kibar Yogyakarta?. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan metode Kibar, hasil, dan faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran al-Qur‟ān bagi siswa-siswi di TK Al-Qur‟ān Plus Kibar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar TK AlQur‟ān Plus Kibar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan mengadakan pengamatan, wawancara secara mendalam, dokumentasi dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan mengadakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses penerapan metode Kibar adalah klasikal, yaitu pembelajaran al-Qur‟ān secara bersama-sama. Caranya guru memberikan contoh bacaan kemudian siswa menirukan; dan privat yaitu penyimakan seorang demi seorang. (2) Penerapan metode Kibar dalam kegiatan pembalajaran alQur‟ān dapat meningkatan kemampuan santri dalam membaca al-Qur‟ān. (3) faktorfaktor yang mempengaruhi penerapan metode Kibar di TK Al-Qur‟ān Plus Kibar Yogyakarta meliputi faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya meliputi; a) kemampuan membaca al-Qur‟ān guru yang baik (mahir), b) peran wali santri dalam mendampingi santri dalam membaca al-Qur‟ān di lingkungan keluarga,c) adanya alat pendukung berupa alat peraga,d) suasana kelas yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi; a) tidak mensyaratkan gelar sarjana bagi calon guru, dan b) beberapa anak mengalami hambatan dalam pelafalan, lupa, maupun kurang dapat memusatkan perhatian dengan baik dalam proses belajar.