<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB\r\n(TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS"^^ . "Abdul Kholik Al-Ayubi. Pemikiran Muhammad Syahrūr dan\r\nRelevansinya Terhadap Pendidikan Bahasa Arab (Telaah Kritis Dalam Perspektif\r\nMetodologis), Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam\r\nNegeri Sunan Kalijaga. 2012.\r\nPenelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan sejak awal\r\nsampai sekarang terus mengalami perubahan dan perbaikan. Demikian juga\r\ndengan pendidikan bahasa Arab, yang semakin mengarah pada kemodernan.\r\nBerbagai problem dalam mengajarkan bahasa Arab antara lain: problem\r\nlinguistik, metodologis dan sosiologis. Karakter yang khas dari bahasa Arab\r\nadalah tidak adanya sinonimitas (‘adam at-tarāduf), artinya masing-masing kata\r\nmemiliki makna tersendiri. Salah satu tokoh Islam kontemporer yang mengkaji\r\nstudi keislaman adalah Muhammad Syahrūr. Beberapa alasan mengapa meneliti\r\nMuhammad Syahrūr: pertama, Muhammad Syahrūr adalah tokoh Islam\r\nkontemporer yang terkemuka di segenap dunia Arab dan khususnya di Syiria;\r\nkedua, Muhammad Syahrūr merupakan tokoh yang bisa digolongkan ke dalam\r\nseorang yang ahli bahasa (linguis); ketiga, dalam pandangannya tentang bahasa,\r\nMuhammad Syahrūr menolak adanya sinonimitas; keempat, latar belakang\r\npendidikan Muhammad Syahrūr yang notabene-nya adalah seorang Tehnik Sipil,\r\nyang gemar dengan filsafat, linguistik dan studi al-Qur’an.\r\nRumusan masalah penelitian ini adalah pertama, bagaimana pemikiran\r\nMuhammad Syahrūr, dan kedua, bagaimana relevansi pemikiran Muhammad\r\nSyahrūr terhadap pendidikan bahasa Arab?. Penelitian ini merupakan penelitian\r\nkepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini\r\nadalah pendekatan analitis-filosofis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif,\r\noleh karena itu, metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan\r\nmetode deskriptif-analitik.\r\nHasil dari penelitian ini adalah: pertama, bahwa Muhammad Syahrūr yang\r\nnotabene-nya merupakan Doktor sekaligus Dosen Tehnik Sipil di Universitas\r\nDamaskus, Syiria, beliau juga seorang pemikir Islam yang dikenal\r\n“kontroversial”. Keinginannya yang kuat dalam bidang filsafat, linguistik dan\r\nstudi al-Qur’an telah membawanya sebagai tokoh Islam kontemporer yang\r\ndisegani. Hal ini terbukti dengan banyaknya karya ilmiah yang telah beliau tulis\r\nseperti buku: al-Kitāb wa al-Qur’an; Qirā’ah Mu’āşirah; Dirāsah Islāmiyah\r\nMu’āşirah fī ad -Daulah wa al-Mujtama’; al-Islām wa al-Imān; Manzūmah al-\r\nQiyam; Nahwa Uşūl Jadīdah li al-Fiqh al-Islāmī; Fiqh al-Mar’ah; Tajfīf Manābi’\r\nal-Irhāb. Pemikirannya meliputi teologi, tafsir, fikih, epistemologi, bahasa dan\r\nsebagainya. Kedua, bahwa relevansi pemikiran Muhammad Syahrūr terhadap\r\npendidikan bahasa Arab dalam skripsi ini meliputi tiga hal, yaitu: pertama,\r\ndimensi dasar dan landasan pendidikan bahasa Arab; kedua, dimensi tujuan\r\npendidikan bahasa Arab; ketiga, dimensi pengajaran bahasa Arab."^^ . "2012-12-06" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 05420062"^^ . "ABDUL KHOLIK AL-AYUBI"^^ . "NIM. 05420062 ABDUL KHOLIK AL-AYUBI"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB\r\n(TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB\r\n(TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS (Text)"^^ . . . "PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB\r\n(TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB\r\n(TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB\r\n(TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB\r\n(TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB\r\n(TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB\r\n(TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB\r\n(TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN\r\nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB\r\n(TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9911 \n\nPEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN \nRELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB \n(TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Bahasa Arab"@id . .