TY - THES ID - digilib9911 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9911/ A1 - ABDUL KHOLIK AL-AYUBI, NIM. 05420062 Y1 - 2012/12/06/ N2 - Abdul Kholik Al-Ayubi. Pemikiran Muhammad Syahr?r dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Bahasa Arab (Telaah Kritis Dalam Perspektif Metodologis), Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2012. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan sejak awal sampai sekarang terus mengalami perubahan dan perbaikan. Demikian juga dengan pendidikan bahasa Arab, yang semakin mengarah pada kemodernan. Berbagai problem dalam mengajarkan bahasa Arab antara lain: problem linguistik, metodologis dan sosiologis. Karakter yang khas dari bahasa Arab adalah tidak adanya sinonimitas (?adam at-tar?duf), artinya masing-masing kata memiliki makna tersendiri. Salah satu tokoh Islam kontemporer yang mengkaji studi keislaman adalah Muhammad Syahr?r. Beberapa alasan mengapa meneliti Muhammad Syahr?r: pertama, Muhammad Syahr?r adalah tokoh Islam kontemporer yang terkemuka di segenap dunia Arab dan khususnya di Syiria; kedua, Muhammad Syahr?r merupakan tokoh yang bisa digolongkan ke dalam seorang yang ahli bahasa (linguis); ketiga, dalam pandangannya tentang bahasa, Muhammad Syahr?r menolak adanya sinonimitas; keempat, latar belakang pendidikan Muhammad Syahr?r yang notabene-nya adalah seorang Tehnik Sipil, yang gemar dengan filsafat, linguistik dan studi al-Qur?an. Rumusan masalah penelitian ini adalah pertama, bagaimana pemikiran Muhammad Syahr?r, dan kedua, bagaimana relevansi pemikiran Muhammad Syahr?r terhadap pendidikan bahasa Arab?. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan analitis-filosofis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, oleh karena itu, metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan metode deskriptif-analitik. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, bahwa Muhammad Syahr?r yang notabene-nya merupakan Doktor sekaligus Dosen Tehnik Sipil di Universitas Damaskus, Syiria, beliau juga seorang pemikir Islam yang dikenal ?kontroversial?. Keinginannya yang kuat dalam bidang filsafat, linguistik dan studi al-Qur?an telah membawanya sebagai tokoh Islam kontemporer yang disegani. Hal ini terbukti dengan banyaknya karya ilmiah yang telah beliau tulis seperti buku: al-Kit?b wa al-Qur?an; Qir??ah Mu???irah; Dir?sah Isl?miyah Mu???irah f? ad -Daulah wa al-Mujtama?; al-Isl?m wa al-Im?n; Manz?mah al- Qiyam; Nahwa U??l Jad?dah li al-Fiqh al-Isl?m?; Fiqh al-Mar?ah; Tajf?f Man?bi? al-Irh?b. Pemikirannya meliputi teologi, tafsir, fikih, epistemologi, bahasa dan sebagainya. Kedua, bahwa relevansi pemikiran Muhammad Syahr?r terhadap pendidikan bahasa Arab dalam skripsi ini meliputi tiga hal, yaitu: pertama, dimensi dasar dan landasan pendidikan bahasa Arab; kedua, dimensi tujuan pendidikan bahasa Arab; ketiga, dimensi pengajaran bahasa Arab. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PEMIKIRAN MUHAMMAD SYAHRUR DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN BAHASA ARAB (TELAAH KRITIS DALAM PERSPEKTIF METODOLOGIS AV - restricted ER -