TY - THES ID - digilib9913 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9913/ A1 - AHMAD MUROFIK, NIM. 07410220 Y1 - 2012/// N2 - AHMAD MUROFIK. Penerapan Strategi Pembelajaran Goup Investigation Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas X C di SMA N 1 Pleret Bantul. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa guru dalam mengajar mata pelajaran PAI di SMA N 1 Pleret, masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan mengharapkan siswa duduk, diam, dengar, catat dan hapal serta secara tidak langsung menekankan adanya kompetisi antara siswa satu sama lain untuk memperoleh nilai yang lebih tinggi dari teman yang lain tanpa ada unsur saling bekerjasama dan cenderung monoton dan membosankan. Sehingga menurunkan motivasi belajar siswa. Kondisi ini pada gilirannya berdampak pada prestasi belajar. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi strategi Group Investigation terhadap siswa dalam pembelajaran PAI dan mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa Kelas X C dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan strategi Group Investigation. subjek penelitian adalah siswa Kelas X C di SMA N 1 Pleret Bantul dari 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi selama kegiatan pembelajaran PAI berlangsung dengan menggunakan lembar observasi prestasi belajar siswa, respon siswa, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari hasil catatan peneliti selama penerapan strategi pembelajaran Group Investigation pada siklus III menjadi lebih baik dari siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan siklus III ini prestasi belajar siswa telah mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan hasil rata-rata persentase lembar observasi prestasi belajar siswa untuk tiap siklus, yaitu pada siklus I sebesar 50 % untuk siklus II sebesar 63,8% dan siklus III sebesar 72,2%. Selain itu dari hasil penilaian individu rata-rata kelas pada siklus I sebesar 6,26, pada siklus II sebesar 7,2 dan siklus III sebesar 8,4. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X C DI SMA N 1 PLERET BANTUL AV - restricted ER -