<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nMATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN \r\nPALIYAN GUNUNGKIDUL\r\n "^^ . "Mei Kurniawati. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (TeamAssisted-Individualization)\r\n\r\nuntuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Blajar\r\nMatematika Siswa Kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul. Skripsi.\r\nYogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas\r\nTarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2012. \r\nLatar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan prestasi\r\nbelajar siswa karena kurangnya kerjasama antar siswa hingga membuat suasana\r\nkelas menjadi tidak kondusif. Untuk mengatasi permasalah tersebut dilakukan \r\nPenelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk memperbaiki proses\r\npembelajaran. Perbaikan pembelajaran ini menggunakan model pembelajaran\r\nkooperatif tipe TAI (Team-Assisted-Individualization) yang diharapkan dapat\r\nmeningkatkan keaktifan dan prestasi belajar. \r\nPenelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek \r\npenelitian adalah siswa kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul tahun \r\npelajaran 2011/2012 yang berjumlah 21 siswa. Data-data yang dikumpulkan\r\nberupa data nilai siswa (pra tindakan dan evaluasi), hasil observasi, hasil angket\r\ndan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal, lembar\r\nobservasi, angket, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data untuk\r\nkeaktifan menggunakan triangulasi, yang meliputi observasi, angket dan\r\nwawancara. Untuk prestasi belajar siswa dilihat dari peningkatan rata-rata tiap\r\nsiklus. \r\nHasil penelitian diperoleh bahwa keaktifan dan prestasi belajar matematika\r\nsiswa kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul mengalami peningkatan.\r\nBerdasarkan lembar observasi keaktifan belajar siswa meningkat sebesar 19,7%\r\nsedangkan berdasarkan hasil angket keaktifan siswa meningkat sebesar 6%. Untuk\r\nprestasi belajar pada saat pra tindakan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12\r\nsiswa. Nilai rata-rata siswa pada pra tindakan 51,42 dengan ketuntasan 57,14%. \r\nPada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa. Nilai rata-rata siswa\r\npada siklus I adalah 67,61 dengan ketuntasan 80,95%. Siklus II juga menunjukkan\r\npeningkatan, yaitu ada 19 siswa. Nilai rata-rata pada siklus II mengalami\r\npeningkatan menjadi 82,85 dengan ketuntasan 90,47%. Dengan demikian,\r\npenerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Accelerated Intruction)\r\ndapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas V pada mata\r\npelajaran Matematika di MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul.\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nKata kunci : Keaktifan, Prestasi, Team Assisted Individualization (TAI), Matematika \r\n"^^ . "2012-12-13" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM.08480065"^^ . "MEI KURNIAWATI "^^ . "NIM.08480065 MEI KURNIAWATI "^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nMATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN \r\nPALIYAN GUNUNGKIDUL\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nMATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN \r\nPALIYAN GUNUNGKIDUL\r\n (Text)"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nMATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN \r\nPALIYAN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nMATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN \r\nPALIYAN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nMATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN \r\nPALIYAN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nMATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN \r\nPALIYAN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nMATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN \r\nPALIYAN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nMATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN \r\nPALIYAN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nMATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN \r\nPALIYAN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI\r\n(TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK \r\nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR\r\nMATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN \r\nPALIYAN GUNUNGKIDUL\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9914 \n\nPENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI \n(TEAM-ASSISTED-INDIVIDUALIZATION) UNTUK \nMENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR \nMATEMATIKA SISWA KELAS V MI YAPPI MULUSAN \nPALIYAN GUNUNGKIDUL \n \n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .