TY - THES ID - digilib9916 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9916/ A1 - MELA ROSANTI, NIM.08480072 Y1 - 2012/12/06/ N2 - MELA ROSANTI. Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Ma?arif Klangon Ditinjau dari Pemberian Reward dan Reinforcement. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa motivasi belajar merupakan faktor utama yang sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Pemberian reward dan reinforcement merupakan metode yang digunakan oleh pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar anak didik. Namun kenyataannya pemberian reward dan reinforcement apakah mempunyai hubungan atau berpengaruh dalam motivasi belajar siswa?Ataukah faktor utama yang berpengaruh dalam proses pembelajaran itu bukan pemberian reward dan reinforcement? Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang motivasi belajar matematika ditinjau dari pemberian reward dan reinforcement. Dari hasil observasi yang dilakukan penulis motivasi belajar siswa kelas III MI Ma?arif Klangon rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Ketika pembelajaran berlangsung siswa tidak memperhatikan, hanya bermain-main dan ada yang diam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian reward dan reinforcement mempunyai hubungan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas III MI Ma?arif Klangon. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MI Ma?arif Klangon Kulon Progo yang berjumlah 21 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, interview, dokumentasi, dan observasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Analisis data meliputi uji regresi, normalitas, linearitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara pemberian reward dan reinforcement dengan motivasi belajar matematika siswa kelas III MI Ma?arif Klangon Kulon Progo. Hal ini terbukti pada analisis hasil perhitungan data koefisien korelasi sebesar 0,567 yang bertanda positif dengan p= 0,004 dengan kaidah p< 0,05. Pada hasil uji regresi menunjukkan bahwa apabila faktor pemberian reward dan reinforcement mengalami peningkatan sebesar 1, maka akan menyebabkan kenaikan peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 0,521. Sumbangan efektif dari variabel pemberian reward dan reinforcement terhadap motivasi belajar adalah sebesar 32,2%, sedangkan 67,8% munculnya motivasi belajar diperoleh dari faktor lain. Artinya semakin sering anak diberikan reward dan reinforcement maka akan semakin tinggi motivasi belajar matematika siswa kelas III MI Ma?arif Klangon. Kata kunci: Motivasi Belajar, Matematika, Reward dan Reinforcement PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - Motivasi Belajar KW - Matematika KW - Reward dan Reinforcement M1 - skripsi TI - MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MA?ARIF KLANGON DITINJAU DARI PEMBERIAN REWARD DAN REINFORCEMENT AV - restricted ER -