@phdthesis{digilib9919, month = {December}, title = {UPAYA PENANAMAN NILAI-NILAI SIFAT SHIDDIQ SEBAGAI WUJUD AKHLAQ TERPUJI DI SD QURROTA A?YUN BABADAN YOGYAKARTA }, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM.07410357 MOCH. ALI SOBIRIN}, year = {2012}, keywords = {sifat shiddiq, akhlaq}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9919/}, abstract = {Moch. Ali Sobirin. Upaya Penanaman Nilai-nilai Sifat Shiddiq Sebagai Wujud Akhlaq Terpuji di SD Qurrota A?yun Babadan. Sifat shiddiq merupakan sifat yang terpuji bagi manusia, banyak manfaat yang dapat kita ambil dari sifat shiddiq ini. Sesuai perkembangan zaman kini manusia semakin jauh dari kejujuran, banyak di sekeliling kita yang telah jauh dari akhlaq terpuji sehingga berdampak pada lunturnya kepercayaan masyarakat terhadap individu asing yang baru masuk pada komunitas tertentu. Tentunya hal ini sangatlah disayangkan, karena akan berdampak pada diri sendiri dan masyarakat. Maka perlu upaya menanamkan sifat shiddiq sejak dini, dan kita harus ekstra mengontrol dan menasehati peserta didik yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Dengan asumsi seperti itu peneliti sangat tertarik untuk mengetahui secara langsung dalam prakteknya di dunia pendidikan sekarang ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari dokumen sekolah yang mendukung berjalannya penelitian, observasi, angket tanggapan siswa, serta dilengkapi dengan hasil wawancara. Dalam hal ini upaya guru SD Qurrota A?yun dalam menanamkan nilai-nilai sifat shiddiq sudah bagus, karena banyak cara yang ditempuh guru dalam menjadikan peserta didik jujur dan qur?ani. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah cukup baik, dilihat dari siswa dapat memahami shiddiq yang berkaitan dengan ucapan, tindakan (perilaku), kemauan, dan janji. Dari beberapa hasil diatas peneliti ingin menyampaikan saran-saran, diantaranya : Kepada pihak sekolah lebih baik lagi meninjau peserta didiknya diluar jam sekolah yang ditentukan secara continue dan sifatnya fleksibel. Orang tua (wali murid) hendaknya tidak hanya mengandalkan guru-guru di sekolah dalam menanamkan nilai-nilai sifat shiddiq kepada anaknya, namun perhatian orang tua dan pengawasan dari orang tua juga sangat penting dan mendukung. Peserta didik supaya tidak salah bergaul ketika di luar jam sekolah atau hari libur. } }