%A NIM. 08410073 AMBARWATI SA’ADAH %T UPAYA GURU AL-QUR’AN HADITS DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS VIII D DI MTS N WONOKROMO PLERET BANTUL %X Ambarwati Sa’adah, Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII D Di MTs N Wonokromo. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran di dalam kelas guru menemui masalah yang dialami siswa dan dapat menghambat proses pembelajaran, salah satu masalah itu adalah kesulitan belajar Al-Qur’an Hadits. Oleh sebab itu, maka guru harus melakukan tindakan untuk menyelesaikan permasalahan kesulitan belajar untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan efektif. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa saja faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di MTs N Wonokromo bagaimana usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar di MTs N Wonokromo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dan usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa di MTs N Wonokromo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menga mbil tempat di MTs N Wonokromo. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan yang jeli, wawancara mendalam dan dokumentasi. Dan akhirnya menganalisis data untuk mengetahui keabsahan dan kevalitan data, sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar siswa yaitu dari lingkungan keluarga karena masalah internal keluarga, lingkungan masyarakat dimana lingkungan yang tidak mendukung untuk belajar Al-Qur’an Hadits, lingkungan sekolah karena pengadaan buku panduan dan kerena pergaulan siswa di sekolah dengan teman sebaya. (2) Usaha guru untuk mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an Hadits bersifat kuratif (menyembuhkan) dengan cara pendekatan pada siswa, motivasi, membimbing siswa dengan telaten, bimbingan belajar, bersifat preventif (mencegah) dengan cara melakukan kerjasama dengan pihak-pihak yang mendukung usaha guru, memberikan reward. Hasil dari usaha guru adalah adanya peningkatan kemampuan siswa dan adanya semangat yang ditunjukkan siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. %D 2012 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9920