@phdthesis{digilib9924, month = {December}, title = {PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION NGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION ( CAI ) DALAM MENINGKATKAN KELAS II A SD NEGERI KOTAGEDE 1 YOGYAKARTA MENINGKATKAN PERFORMANCE SHOLAT SISWA KELAS II A SD NEGERI KOTAGEDE}, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM.08410083 MUFIDATUN HIDAYATI}, year = {2012}, keywords = {media audiovisual,performance}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9924/}, abstract = {MUFIDATUN HIDAYATI. Penggunaan Media Audiovisual Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) Dalam Meningkatkan Performance Shalat Siswa Kelas IIA SD N Kotagede I Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah sejauh ini media pembelajaran agama Islam yang diterapkan di sekolah sekolah pada umumnya jauh dari sentuhan teknologi. Salah satu penyebab adalah minimnya pengetahuan guru mengenai media teknologi sehingga berdampak pada proses pembelajaran yang tidak variatif sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dan merasa bosan saat pembelajaran. Media Audiovisual Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) ini digunakan agar pembelajaran dikelas mempunyai formula baru dalam menerapkan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan Performance Shalat Siswa Kelas IIA SD N Kotagede I Yogyakarta. Media ini juga membantu guru dalam menyampaikan pesan materi shalat kepada siswa dengan lebih mudah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran agama Islam materi shalat dengan menggunakan media Audiovisual Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) (2) Mengetahui seberapa besar peningkatan performance shalat siswa dengan menggunakan media Audiovisual Berbasis Computer Assisted Instruction (CAI). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dua pertemuan tiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah kelas II A SD N Kotagede I Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar rating scale, wawancara tidak terstruktur, dan catatan lapangan. Data rating scale menghasilkan data skor yang kemudian dideskripsikan untuk pengidentifikasian keberhasilan dan dikategorikan dalam interval keberhasilan. Hasil menunjukkan bahwa : Dengan menggunakan media audiovisual berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) dapat meningkatkan kemampuan performance shalat siswa Meningkatnya kemampuan performance shalat siswa dapat dibuktikan dari peningkatan rata-rata setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan I menunjukkan skor 22 (kategori rendah), pada siklus I pertemuan ke II siswa menunjukkan skor 31 (kategori sedang), pada siklus II pertemuan I menunjukkan skor 39 (kategori baik), pada siklus II pertemuan ke II menunjukkan skor 47 (kategori baik). Penggunaan media audiovisual berbasis Computer Assisted Instruction (CAI) efektif diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi shalat. } }