%0 Thesis %9 Skripsi %A ANGGITA MEGASARI NASUTION, NIM. 08480050 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2012 %F digilib:9925 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K Kooperatif Tipe TGT Media TTS, Keaktifan, Prestasi, Ilmu Pengetahuan Alam %T UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM-GAME-TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG (TTS) PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IV A MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9925/ %X ANGGITA MEGASARI NASUTION. Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dengan Media Teka-Teki Silang (TTS) pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas IV A MI Sultan Agung Yogyakarta. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV MI Sultan Agung Yogyakarta yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik pada kenyataannya merupakan pihak yang secara langsung terlibat dalam pembelajaran, guru menggunakan strategi pembelajaran konvensional sehingga menimbulkan kebosanan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat diskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar MI Sultan Agung Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Pengumpulan data dilakuakan dengan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa melalui tindakan yang dilakukan. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) Perencanaan (2) Implementasi (3) Observasi dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV A di MI Sultan Agung Yogyakarta sebelum pelaksanaan tindakan terlihat masih rendah 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media TTS dalam pembelajran IPA di Kelas IV A MI Sultan Agung Yogyakarta dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya dua kali pertemuan. Dalam pelaksanaan dengan menggunakan strategi TGT ini berjalan dengan lancar. Strategi TGT dalam pembelajaran ini mencakup presentasi kelas, belajar tim, turnamen, dan penghargaan kelompok. 3) Adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa terlihat pada Interaksi kepada guru, menjawab pertanyaan yang diajukan guru, berani mengungkapkan pendapat dalam diskusi, mendengarkan pendapat orang lain, bekerjasama dengan anggota kelompok, mengerjakan tugas yang diberikan guru, dan mencatat materi pelajaran. Secara keseluruhan peningkatan terjadi cukup baik, pada aspek keaktifan siswa pada observasi awal sebelum tindakan sebesar 50.16% kemudian pada siklus I 63.64% dan siklus II 84.93 hal ini mengalami peningkatan cukup baik, yaitu 34.77% sedangkan pada prestasi belajar siswa sebelum tindakan sebesar 61% dengan kategori Tinggi (11 tuntas), kemudian siklus I 83% kategori Sangat Tinggi (15 tuntas) dan siklus II menjadi 90% kategori Sangat Tinggi (17 tuntas).