%A NIM. 08480052 ANNISA AYURANI %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS IV A MI SULTAN AGUNG %X ANNISA AYURANI. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas IV A MI Sultan Agung Tahun ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sunan Kalijaga, 2012. Prestasi hasil belajar yang belum memenuhi standar Kriteria ketuntasan Minimal (KKM) pada pembelajaran Matematika di MI Sultan merupakan permasalahan utama dalam proses pembelajaran Matematika pada siswa kelas IV A MI Sultan Agung, Babadan Baru, Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mendeskripsikan tentang penerapan strategi pembelajaran model pendekatan kooperatif metode STAD (Student Teams-Achievement Divisions) pada pembelajaran Matematika materi bangun ruang pada siswa kelas IV A di MI Sultan Agung Sleman. (2) Mengetahui hasil penerapan strategi pembelajaran model pendekatan kooperatif metode STAD (Student Teams-Achievement Divisions) pada pembelajaran Matematika materi bangun ruang pada siswa di kelas IV A MI Sultan Agung Sleman. (3) Mengetahui tingkat keefektivitasan hasil belajar Matematika siswa kelas IV A MI Sultan Agung Sleman setelah dilakukan penerapan metode STAD. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan di MI Sultan Agung Babadan Baru Sleman, kelas IV A Semester dua tahun pelajaran 2011/2012. Data penelitian ini berupa nilai pre test untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui lembar observasi, dokumentasi, wawancara, lembar kerja siswa dan lembar evaluasi. Dari hasil analisis disimpulkan : (1) Para siswa lebih antusias mengikuti pelajaran dan dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dengan nilai di atas KKM sehingga dapat meningkatkan hasil prestasi belajar mereka, (2) Prestasi hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II setelah menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dimana pada siklus I sebanyak 61,11% dan pada siklus II sebanyak 72,22%. (3) Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa di kelas IV A MI Sultan Agung Sleman. Ini dikarenakan pada tahap siklus I metode ini cukup efektif digunakan pada pembelajaran matematika bangun ruang dan pada siklus II metode ini efektif digunakan karena pada siklus II siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM lebih banyak dari saat siklus I. %D 2012 %K Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Coopeerative Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions), dan MI Sultan Agung %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9927