%0 Thesis %9 Skripsi %A FIRSTYANA ULYA RAHMAH , NIM. 08470086 %B FAK. TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2013 %F digilib:9930 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %P 156 %T PERANAN KELUARGA DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU DAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK SERTA RELEVANSINYA TERHADAP NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM (Analisis Novel Sheila: Luka Hati Seorang Gadis Kecil Karya Torey Hayden) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9930/ %X Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa setiap anak tumbuh melalui pendidikan keluarga yang berbeda antara satu keluarga dengan keluarga yang lain. Pendidikan dalam keluarga memberikan peran besar dalam pembentukan perilaku dan perkembangan emosi seorang anak yang bisa tertanam hingga dewasa. Penulis mengambil rumusan masalah yang diangkat dari novel Sheila: Luka Hati Seorang Gadis Kecil sebagai objek penelitian karena isi novel tersebut mengandung inti cerita terkait peranan keluarga dalam pembentukan perilaku dan perkembangan emosi anak. Selain itu, penulis juga menambahkan relevansi antara isi novel dengan nilai-nilai pendidikan Islam sebagai rumusan masalah kedua. Penelitian ini bertujuan mengetahui peranan keluarga dalam pembentukan perilaku dan perkembangan emosi anak dalam novel Sheila: Luka Hati Seorang Gadis Kecil dan relevansinya terhadap nilai-nilai pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan sumbangsih yang baik demi kemajuan pendidikan khususnya pendidikan bagi keluarga dan perkembangan anak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra, dengan metode analisis isi (content analisys) yaitu menganalisis dari kutipan dalam novel Sheila: Luka Hati Seorang Gadis Kecil. Hasil penelitian: peranan keluarga dalam pembentukan perilaku dan perkembangan emosi anak dalam novel Sheila: Luka Hati Seorang Gadis Kecil difokuskan pada peran keluarga dalam upaya pemenuhan kebutuhan anak yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman dan perlindungan, kebutuhan rasa cinta saling memiliki-dimiliki, kebutuhan penghargaan dan harga diri (harga diri dan penghargaan dari orang lain), serta aktualisasi diri. Dimana semua kebutuhan tersebut telah memunculkan pembentukan perilaku dan perkembangan emosi anak (Sheila) baik perilaku positif maupun negatif. Pembentukan perilaku yang muncul seperti perilaku agresif, over protectif terhadap diri sendiri, diam dengan tatapan sinis, memusuhi orang lain, individual, dan pengendalian diri kurang. Sedangkan perkembangan emosi yang muncul seperti heran, sedih, malu, dendam, halusinasi, marah, kebencian, egois, takut, gembira, bahagia, bebas dan percaya diri. Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Sheila: Luka Hati Seorang Gadis Kecil menunjukkan bahwa adanya 1). Dimensi spiritual yang tersimpul dalam akhlak (nilai ilahiyah dan insaniyah), 2). Dimensi budaya (tanggung jawab kemasyarakatan dan tanggung jawab Kebangsaan dan Nasionalisme) dan 3). Dimensi kecerdasan (kreatif, kerja keras dan optimis). %Z Pembimbing: Dra. Nadifah, M.Pd.