%0 Thesis %9 Skripsi %A NIKMAH AYU RODIATUN, NIM. 08480055 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2012 %F digilib:9935 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K Media Audio Visual, Prestasi belajar, Fiqih %T UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V MI DARUL HUDA NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9935/ %X NIKMAH AYU RODIATUN Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fiqih Melalui Penerapan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V MI Darul Huda Ngaglik Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurang maksimalnya prestasi belajar fiqih dalam pengusaan materi sehingga prestasi belajar siswa belum mencapai KKM. Permasalahan tersebut perlu dicari solusinya yaitu dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dalam belajar fiqih seperti menggunakan media audio visual dalam materi haji di MI Darul Huda Ngaglik Sleman Yogyakarta. Proses pembelajaran ini menggunakan media audio visual, dengan pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar fiqih pada siswa kelas V MI Darul Huda Ngaglik Sleman Yogyakarta Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat diskriptif kualitatif, dengan mengambil latar MI Darul Huda Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus tindakan. Pengumpulan data dilakuakan dengan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, yakni makna dan proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa melalui tindakan yang dilakukan. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Evaluasi Proses Pembelajaran Fiqih (4) Observasi dan (5) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Prestasi belajar siswa dalam pembelajaran fiqih kelas V di MI Darul Huda Ngaglik Sleman Yogyakarta sebelum pelaksanaan tindakan terlihat masih rendah 2) Penerapan media audio visual dalam pembelajaran fiqih di Kelas V MI Darul Huda Ngaglik Sleman Yogyakarta dilaksanakan dalam tiga siklus yang setiap siklusnya satu kali pertemuan. Dalam pelaksanaan dengan menggunakan media audio visual ini berjalan dengan lancar. 3) Adanya peningkatan prestasi belajar secara keseluruhan peningkatan terjadi cukup baik, prestasi belajar siswa sebelum tindakan sebesar 21,74% (5 tuntas), kemudian siklus I 69,56% (16 tuntas), kemudian pada siklus II menjadi 82,60% (19 tuntas), dan pada siklus III menjadi 91,30% (21 tuntas). Kata kunci :Media Audio Visual, Prestasi belajar, Fiqih