<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW\r\n(SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA \r\nMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL,\r\nNGAGLIK, SLEMAN \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 "^^ . "Nisa Rahmawati, “Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite,\r\nReview (SQ3R) Dalam Upaya Peningkatan Kecepatan Membaca Mata Pelajaran\r\nBahasa Indonesia Kelas III B Di MIN Tempel Ngaglik, Sleman Tahun Pelajaran\r\n2011-2012”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan\r\nKalijaga, 2012. \r\nLatar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa 1. Kurangnya\r\nkecepatan membaca peserta didik kelas III B MIN Tempel Ngaglik, Sleman dalam\r\npembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini terjadi karena guru belum menggunakan\r\nmetode yang tepat dalam melaksanakan proses pembelajaran, sehingga berdampak\r\nkurangnya kecepatan membaca peserta didik kelas III B MIN Tempel Yogyakarta. \r\nPermasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah proses\r\npenerapan metode SQ3R dapat meningkatkan kecepatan membaca pada pelajaran \r\nbahasa Indonesia dengan pokok bahasan membaca bagi peserta didik kelas III B \r\nMIN Tempel Yogyakarta. (2) Seberapa besar peningkatan kecepatan membaca\r\npada pelajaran bahasa Indonesia dengan pokok bahasan membaca bagi peserta\r\ndidik kelas III B MIN Tempel Yogyakarta. \r\nJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek\r\npenelitian ini adalah peserta didik kelas III B MIN Tempel Yogyakarta yang\r\nberjumlah 33 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran bahasa\r\nIndonesia menggunakan metode SQ3R untuk meningkatkan kecepatan membaca\r\npeserta didik MIN Tempel Yogyakarta. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus dan\r\nmasing-masing siklus satu pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, lembar\r\nangket peserta didik, hasil evaluasi belajar peserta didik serta dokumentasi. \r\nHasil penelitiannya adalah: (1) kecepatan membaca peserta didik sebelum\r\nditerapkannya metode SQ3R adalah sebesar 52%dengan rata-rata kelas 118,81 Kata\r\nPer Menit dikatagorikan belum tuntas. (2) Langkah-langkah penerapan metode\r\nSQ3R adalah: a) Persiapan, b) penyampaian materi, c) proses pembelajaran, d)\r\npenutup. (3) Kecepatan membaca peserta didik kelas III B meningkat pada siklus I\r\ndengan perolehan sebesar 70% dengan rata-rata kelas 122,39 kata per menit.\r\nDikatagorikan tuntas. Pada siklus II kecepatan membaca meningkat menjadi 82% \r\ndengan rata-rata kelas 133,31 kata per menit. Pada siklus III kecepatan membaca\r\nmeningkat menjadi 85% dengan rata-rata kelas 139,1514 kata per menit.\r\n\r\n \r\nKata Kunci: Kecepatan membaca, Bahasa Indonesia, Metode SQ3R"^^ . "2012-12-09" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08480075"^^ . "NISA RAHMAWATI"^^ . "NIM. 08480075 NISA RAHMAWATI"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW\r\n(SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA \r\nMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL,\r\nNGAGLIK, SLEMAN \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW\r\n(SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA \r\nMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL,\r\nNGAGLIK, SLEMAN \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Text)"^^ . . . "PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW\r\n(SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA \r\nMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL,\r\nNGAGLIK, SLEMAN \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW\r\n(SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA \r\nMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL,\r\nNGAGLIK, SLEMAN \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW\r\n(SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA \r\nMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL,\r\nNGAGLIK, SLEMAN \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW\r\n(SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA \r\nMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL,\r\nNGAGLIK, SLEMAN \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW\r\n(SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA \r\nMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL,\r\nNGAGLIK, SLEMAN \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW\r\n(SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA \r\nMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL,\r\nNGAGLIK, SLEMAN \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW\r\n(SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA \r\nMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL,\r\nNGAGLIK, SLEMAN \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW\r\n(SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA \r\nMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL,\r\nNGAGLIK, SLEMAN \r\nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9936 \n\nPENERAPAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW \n(SQ3R) DALAM UPAYA PENINGKATAN KECEPATAN MEMBACA \nMATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III B MIN TEMPEL, \nNGAGLIK, SLEMAN \nTAHUN PELAJARAN 2011/2012 \n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .