@phdthesis{digilib9937, month = {December}, title = {PENERAPAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH MA?ARIF BOROBUDUR MAGELANG}, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08420171 ARIF EKO SUSANTO}, year = {2012}, keywords = {Metode STAD (Student Teams Achievement Devision), ketrampilan berbicara, bahasa Arab}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9937/}, abstract = {Arif Eko Susanto: Penerapan Metode STAD (Student Teams Achievement Devision) untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Ma?arif Borobudur Magelang. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta .2012 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk medriskripsikan atau menjelaskan penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Devision) dalam pembelajaran bahasa Arab, meningkatan ketrampilan berbicara bahasa arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Ma?arif Borobudur Magelang serta untuk mengetahui tanggapan siswa terkait dalam pembelajaran bahasa Arab setelah menggunakan metode STAD (Student Teams Achievement Devision) Penelitian ini merupakan penelitian bersifat kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi, dan dokumentasi .sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Ma?arif Borobudur Magelang berjumlah 25 siswa. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu plan (perencanaan), action (tindakan), obeserver (pengamatan), dan reflect ( refleksi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya :pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara dua siklus. Dalam penerapan metode STAD (Student Teams Achievement Devision) siswa dibagi 4 sampai 5 kelompok lalu diberi tugas pada setiap kelompok masing-masing, untuk bercerita kembali dan melakukan percakapan pada khiwar dengan menggunakan bahasa Arab dengan bahasa mereka sendiri. Akhir dari kegiatan ini adalah evaluasi atau penilaian dari setiap hasil kerja kelompok. Kedua, adanya peningkatan ketrampilan berbicara bahasa Arab dari para siklus, siklus 1 dan siklus II. Pada para siklus nilai rata-rata siswa adalah 14,72. Pada siklus pertama nilai rata-rata siswa meningkat. Dan siklus II menjadi 20,86. Hasil uji ?t? terhadap nilai post-test siklus I dan siklus II menunjukkan nilai ?t? hitung sebesar 8,593 dengan taraf signifikan 0.000,{\ensuremath{<}}0,05 sedangkan nilai ?t? tabel sebesar 2,06. Hal ini berarti bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada ketrampilan berbicara bahasa Arab siswa.} }