@phdthesis{digilib9940, title = {UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MA?ARIF PATALAN JETIS BANTUL}, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08480035 ARIN DEWI SULISTIANINGRUM}, year = {2012}, keywords = {Keaktifan siswa, Strategi two stay two stray, Pembelajaran IPS}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9940/}, abstract = {ARIN DEWI SULISTIANINGRUM. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dengan Menggunakan Strategi Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran IPS Kelas V MI Ma?arif Patalan Jetis Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran saat ini memerlukan pembelajaran yang aktif dan partisipasif. Siswa perlu menggeser peran dari sekedar sebagai penerima pasif informasi menuju pencarian aktif pengetahuan. Oleh karena itu, keaktifan siswa sangat diperlukan sehingga siswalah yang seharusnya banyak aktif, sebab siswa sebagai subjek didik yang melaksanakan belajar. Namun dalam kenyataanya pembelajaran IPS kelas V MI Ma?arif Patalan berlangsung secara konvensional. Sehingga keaktifan siswa di kelas sangat kurang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi two stay two stray untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas V MI Ma?arif Patalan dalam pembelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua silkus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap silkus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma?arif Patalan yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian keaktifan siswa dengan penerapan strategi two stay two stray adalah: 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru, 2) Siswa berpartisipasi dalam diskusi kelompok, 3) Siswa bekerjasama di dalam kelompok, 4) Siswa bertanya kepada guru atau teman jika mengalami kesulitan tentang materi, 5) Siswa menjawab pertanyaan, 6) Siswa mendengarkan presentasi atau penjelasan dari teman. Keaktifan siswa juga meningkat dari hasil rata-rata perhitungan angket yaitu siklus I sebesar 67.59\% dan siklus II meningkat menjadi 82.60\%. Dengan demikian keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 15.01\%. Hal tersebut menunjukan bahwa penerapan strategi two stay two stray dalam pembelajaran IPS kelas V MI Ma?arif Patalan mengalami peningkatan yaitu dari katagori tinggi menjadi sangat tinggi.} }