<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN\r\nMENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY\r\nDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF PATALAN\r\nJETIS BANTUL"^^ . "ARIN DEWI SULISTIANINGRUM. Upaya Meningkatkan Keaktifan\r\nSiswa dengan Menggunakan Strategi Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran\r\nIPS Kelas V MI Ma’arif Patalan Jetis Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Prodi\r\nPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN\r\nSunan Kalijaga Yogyakarta, 2012.\r\nLatar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran saat ini\r\nmemerlukan pembelajaran yang aktif dan partisipasif. Siswa perlu menggeser\r\nperan dari sekedar sebagai penerima pasif informasi menuju pencarian aktif\r\npengetahuan. Oleh karena itu, keaktifan siswa sangat diperlukan sehingga\r\nsiswalah yang seharusnya banyak aktif, sebab siswa sebagai subjek didik yang\r\nmelaksanakan belajar. Namun dalam kenyataanya pembelajaran IPS kelas V MI\r\nMa’arif Patalan berlangsung secara konvensional. Sehingga keaktifan siswa di\r\nkelas sangat kurang.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi\r\ntwo stay two stray untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas V MI Ma’arif\r\nPatalan dalam pembelajaran IPS.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan\r\ndalam dua silkus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap\r\nsilkus terdiri dari empat tahapan, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3)\r\nPengamatan, (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif\r\nPatalan yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan\r\nangket, observasi, wawancara, dan dokumentasi.\r\nHasil penelitian keaktifan siswa dengan penerapan strategi two stay two\r\nstray adalah: 1) Siswa memperhatikan penjelasan guru, 2) Siswa berpartisipasi\r\ndalam diskusi kelompok, 3) Siswa bekerjasama di dalam kelompok, 4) Siswa\r\nbertanya kepada guru atau teman jika mengalami kesulitan tentang materi, 5)\r\nSiswa menjawab pertanyaan, 6) Siswa mendengarkan presentasi atau penjelasan\r\ndari teman. Keaktifan siswa juga meningkat dari hasil rata-rata perhitungan angket\r\nyaitu siklus I sebesar 67.59% dan siklus II meningkat menjadi 82.60%. Dengan\r\ndemikian keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 15.01%. Hal tersebut\r\nmenunjukan bahwa penerapan strategi two stay two stray dalam pembelajaran IPS\r\nkelas V MI Ma’arif Patalan mengalami peningkatan yaitu dari katagori tinggi\r\nmenjadi sangat tinggi."^^ . "2012" . . . . "PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 08480035"^^ . "ARIN DEWI SULISTIANINGRUM"^^ . "NIM. 08480035 ARIN DEWI SULISTIANINGRUM"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN\r\nMENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY\r\nDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF PATALAN\r\nJETIS BANTUL (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN\r\nMENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY\r\nDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF PATALAN\r\nJETIS BANTUL (Text)"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN\r\nMENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY\r\nDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF PATALAN\r\nJETIS BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN\r\nMENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY\r\nDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF PATALAN\r\nJETIS BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN\r\nMENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY\r\nDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF PATALAN\r\nJETIS BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN\r\nMENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY\r\nDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF PATALAN\r\nJETIS BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN\r\nMENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY\r\nDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF PATALAN\r\nJETIS BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN\r\nMENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY\r\nDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF PATALAN\r\nJETIS BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN\r\nMENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY\r\nDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF PATALAN\r\nJETIS BANTUL (Other)"^^ . . . . . . "UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN\r\nMENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY\r\nDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF PATALAN\r\nJETIS BANTUL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #9940 \n\nUPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN \nMENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY \nDALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V MI MA’ARIF PATALAN \nJETIS BANTUL\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .