@phdthesis{digilib9942, month = {July}, title = {PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM FILM FREEDOM WRITERS : PERSPEKTIF MULTIKULTURAL ISLAM}, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM : 09411124 IFAN SUFYAN AHMAD}, year = {2013}, note = {Pembimbing: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si.}, keywords = {pendidikan, pendidikan multikultural, perspektif multikultural islam, freedom writers}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9942/}, abstract = {Selama beberapa dekade terakhir, fenomena kekerasan yang mengatasnamakan agama dan etnis meningkat dan terasa cukup mengganggu kedamaian yang sudah sekian lama tercipta. Konflik Poso, Ambon, bom-bom teroris, kekerasan etnis di Kalimantan, perusakan tempat ibadah minoritas, sampai aksi kekerasan terhadap jamaah Ahmadiyah dan HKBP adalah kasus-kasus yang bertentangan dengan prinsip Islam sebagai agama rahmat dan Indonesia yang multikultural. Peningkatan konstelasi kekerasan ini menimbulkan tanda tanya tentang efektifitas pendidikan selama ini dalam menanamkan budaya toleransi dan saling menghargai satu sama lain dalam kerangka Indonesia yang multikultur. Penelitian skripsi ini merupakan penelitian yang menggunakan film Freedom Writers sebagai model dari pendidikan multikultural melalui perspektif multikultural Islam. Hasilnya menunjukkan bahwa di dalam film Freedom Writers memuat ajaran Pendidikan Multikultural tentang bagaimana cara hidup di dalam lingkungan yang di dalamnya beragam orang dari latar belakang kesukuan dan budaya hidup dalam perbedaan tetapi berhasil saling menghargai dan menghormati perbedaan itu. Film ini tidak bertentangan dengan ajaran Islam yang mengajarkan bagaimana cara hidup di dalam masyarakat yang multikultur melalui ajaran tentang Toleransi, ajaran tentang Keadilan dan ajaran tentang Persaudaraan. Kata Kunci : pendidikan, pendidikan multikultural, perspektif multikultural islam, freedom writers} }