%A NIM. 08420070 NUR AZIZAH ALMUBAROKAH %T PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN SAWIT BOYOLALI (Perspektif teori belajar behavioristik) %X Nur Azizah Almubarokah, Peran Guru Dalam pembelajaran Bahasa Arab di MAN Sawit Boyolali (Perspektif teori belajar behavioristik). Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran apa saja yang diperankan guru bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab serta mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di MAN Sawit Boyolali. Jenis penelitian ini adalah field research (penellitian lapangan). Subyek penelitian ini adalah siswa, guru, Kepala Madrasah dan Tata Usaha (TU). Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif-analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan yang diperankan guru bahasa Arab MAN Sawit Boyolali terbagi menjadi 2, yaitu : peran guru formal dan nonformal. Peran guru formal meliputi : informator, fasilitator, motivator, dan evaluator. Serta dalam proses pembelajaran guru menggunakan teori peranan behaviorisme. Sedeangkan peran guru informal meliputi : pembimbing dan pengawas. Dalam hal ini guru menggunakan teori peran humanistik. %D 2012 %K pembelajaran bahasa arab, teori humanistik %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9946