%A NIM. 09420190 IRA RAHMAWATI %O Pembimbing: Tulus Musthofa, Lc., MA %T PENGARUH GAYA BELAJAR BAHASA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VII SEMESTER II DI MTs N GALUR %X Latar belakang masalah penelitian ini adalah sering ditemui masalah dalam proses pengajaran bahasa Arab mengenai pengayaan metode dan strategi pengajaran. Penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat karena Guru kurang memperhatikan gaya belajar siswa dalam mengajar di kelas. Sedangkan gaya belajar setiap siswa dengan siswa yang lainnya tidaklah sama. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs N Galur tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket,observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis penelitian menggunakan analisis deskripsi dan teknik korelasi phi. Metode penelitian ini adalahmetode kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar adalah faktor yang penting untuk diperhatikan. Guru hendaknya memahami bahawa ternyata setiap siswa memiliki gaya belajar bahasa Arab yang beragam. Dari deskripsi data prestasi belajar menurut gaya belajar bahasa Arab jelas bahwa rerata tertinggi prestasi belajar siswa MTs N Galur adalah siswa yang memilki gaya belajar visual. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa siswa yang mempunyai prestasi tinggi pelajaran bahasa Arab adalah siswa yang mempunyai gaya belajar visual 35 siswa dan gaya belajar auditorial 16 siswa. Peran guru dalam melejitkan siswa yang mempunyai gaya belajar kinestetik harus lebih mendapatkan perhatian khusus. Semua ini terjadi karena siswa yang memiliki gaya prestasi belajar visual dapat belajar dengan baik dengan strategi yang dapat mengakomodasi gaya belajarnya. Hal ini tentunya disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah gaya belajar siswa yang belum terakomodir dengan metode yang diterapkan guru. Oleh karena itu setelah penelitian ini dapat dikembangkan penelitian tentang metode mengajar berdasarkan learning styles. %D 2013 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9947