%A NIM. 08480009 PUTRI NURWIDAYATI %T UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DI MI MAKUKUHAN KRAJAN TEMANGGUNG %X PUTRI NURWIDAYATI. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Pada siswa kelas IV Dengan Menggunakan Alat Peraga di MI Makukuhan Krajan Temanggung. Skripsi: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaraan dengan menggunakan Alat peraga untuk meningkatkan minat belajar Matematika pada siswa kelas IV MI Makukuhan Krajan Temanggung. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran yang masih berorientasi pada guru, sedangkan siswa hanya sebagai objek ajar, hal ini dikarenakan guru dalam proses pembelajaran guru lebih banyak menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, pembelajaran berlangsung monoton membuat siswa bosan dan kurang bersemangat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan mengambil lokasi di MI Makukuhan Krajan Temanggung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan angket. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, dan display data. Hasil penelitian menunjukkan: Penerapan model pembelajaran dengan menggunakan alat peraga(garis bilangan, kartu pecahan dan tabel perkalian) dapat meningkatkan minat belajar Matematika siswa kelas IV MI Makukuhan Krajan Temanggung Model pembelajaran dengan Alat peraga minat siswa meningkat Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan yaitu dari pra tindakan rata-rata 55,2% kemudian meningkat di Siklus I menjadi 60,40% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 82,29% . Kata Kunci: Minat Belajar, Matematika MI, Alat Peraga, MI Makukuhan Krajan Temanggung %D 2012 %K Minat Belajar, Matematika MI, Alat Peraga, MI Makukuhan Krajan Temanggung %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9949