%0 Thesis %9 Skripsi %A DALUTI DELIMANUGARI, 08410183 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2012 %F digilib:9951 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K karakter anak, hypnoparenting %T PENDIDIKAN KARAKTER ANAK DALAM PENDIDIKAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN HYPNOPARENTING %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9951/ %X DALUTI DELIMANUGARI. Pendidikan Karakter Anak Dalam Pendidikan Islam Dengan Menggunakan Hypnoparenting., Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah cara mendidik anak yang dilakukan orang tua di lingkungan masyarakat yang cenderung menggunakan perkataan yang kasar dan melalui hukuman fisik yang tidak mendidik. Hal ini yang menyebabkan tumbuhnya karakter anak yang kurang baik dan tidak sesuai dengan pendidikan karakter yang saat ini sedang dilaksanakan disekolah. Dan yang menjadi bahasan dalam rumusan masalah adalah bagaimana cara mendidik anak menggunakan hypnoparenting dan bagaimana pendidikan karakter anak dalam pendidikan islam dengan menggunakan hypnoparenting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan cara mendidik anak dengan hypnoparenting kemudian dapat menjadi bahan pertimbangan orang tua dalam mendidik anaknya dan pendidikan karakter anak dalam pendidikan islam dengan menggunakan hypnoparenting. Penelitian ini merupakan penelitian literatur maka sumber datanya berasal dari buku-buku yang berkaitan dengan konsep hypnoparenting dan pendidikan karakter. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data dengan mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berkaitan dengan hypnoparenting dan pendidikan karakter sehingga dapat di tarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) sebelum melakukan hypnoparenting orang tua harus mengetahui tahapan psikoedukasi anak atau pendidikam psikologis pada anak. (2) Ada hal-hal yang perlu diketahui orang tua dalam mendidik anak yaitu menumbuhkan sifat persaingan, menghindari sikap ambivalensi, menekankan hubungan sebab akibat, dan berkomunikasi dengan sehat (3) waktu-waktu yang tepat untuk melakukan hypnosis pada anak yaitu seperti pada saat mengajak anak berdoa, saat anak bermai, saat anak makan, melalui dongeng dan saat belajar.(4) Tahapan dalam menerapkan hypnoparenting yaitu melakukan komunikasi atau bercerita terlebih dulu, ketika berkomunikasi menggunakan kalimat positif dan sentuhan yang membuat anak nyaman, bila perlu berikan pujian terhadap anak, kemudian berikan sugesti positif yang membangun dan sebaiknya dilakukan berulang.(5) pendidikan karakter merupakan bagian dari pendidikan islam, sehingga untuk menerapkan nilai-nilai karakter agar membentuk anak yang islami. Untuk itu dapat menggunakan metode hypnoparenting yang dijadikan mendidik anak dalam keluarga untuk menanamkan karakter mandiri, tanggung jawab, cinta damai, bersahabat, jujur, kreatif, disiplin, toleransi, rasa ingin tahu, peduli sosial, peduli lingkungan, kerja keras serta religius.