%A NIM. 05410200 RICKO VALENTINO %T PENDIDIKAN NILAI DALAM FILM THE RON CLARK STORY DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM %X Ricko Valentino. Pendidikan Nilai Film The Ron Clark Story Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Revitalisasi nilai dalam pendidikan mulai tampak dan terasa semakin penting setalah terjadi berbagai masalah demoralisasi di masyarakat. Dari kondisi faktual tersebut disadari bahwa kemerosotan nilai-nilai moral yang melanda masyarakat tidak lepas dari ketidakefektifan penanaman nilai-nilai moral dalam pendidikan. Dibutuhkan konsep pendidikan nilai yang adaptif dengan praktik pendidikan di Indonesia. Dalam konteks mencari konsep pendidikan nilai tersebut, penulis menawarkan sebuah model pendidikan nilai yang terdapat dalam film The Ron Clark Story. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang guru muda yang mengajar kelas yang berisi siswa yang bermasalah dengan belajar, disiplin dan pergaulan. Ron Clark berhasil mengantarkan siswanya menjadi pribadi yang lebih baik sekaligus lulus ujian Negara dengan hasil yang memuaskan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka (library research) dengan melakukan identifikasi terhadap penerapan pendidikan nilai di dalam Film The Ron Clark Story. Pendekatan yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan semiotik, yaitu pendekatan yang memperhatikan tanda tersirat maupun tersurat yang dianggap mewakili objek secara representatif, baik itu secara lisan (dialog film) maupun isyarat (adegan film) yang terdapat di dalam film TRCS. Analisis yang digunakan adalah dengan analisis konten (content analysis) untuk mengungkap pesan atau kandungan penerapan pendidikan nilai yang terdapat dalam film tersebut secara mendalam, kemudian mencari relevansinya dengan pendidikan agama Islam. Hasil penelitian menunjukan: 1) Penerapan pendidikan nilai dalam film The Ron Clark Story bisa dilihat dari tiga dimensi, pertama pada tataran paradigmatik penerapan pendidikan nilai dalam film The Ron Clark Story serupa dengan kandungan teori filsafat perenialisme, dimana kekacauan pada siswanya dikembalikan ke dalam keteraturan dengan frame sebuah keluarga, kedua pada pendekatan yang digunakan Ron Clark yang terdiri dari pendekatan personal, emosional dan rasional, dan ketiga pada metode yang digunakan Ron Clark meliputi metode keteladanan, pengalaman langsung dan pembiasaan. 2) Relevansi penerapan pendidikan nilai dalam film The Ron Clark Story terkait dengan beberapa konsep dalam PAI, pertama konsep keluarga yang diterapkan Ron Clark dalam kelasnya yang pada praktiknya memiliki kesamaan dengan konsep fitrah pada anak, kedua konsep kepribadian unik Ron Clark serupa dengan ajaran ilmu tasawuf yang membiarkan anak mendalami sendiri penyadaran dan kebijaksanaan dengan sesuai dengan kepribadian mereka, dan ketiga konsep fair play Ron Clark yang menciptakan iklim kelas dengan budaya koorperasi yang pada praktiknya memiliki kesamaan dengan tradisi saling mempelopori kebaikan seperti yang terdapat dalam hadis %D 2012 %K pendidikan film, analisis content %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9953