relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/ title: PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA KELAS XB MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI KEMAJUAN IPTEK creator: SAHIDIN, NIM. 08410014 subject: Pendidikan Agama Islam description: SAHIDIN. Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membina Akhlak Siswa Kelas Xb MA Wahid Hasyim Yogyakarta Dalam Menanggapi Kemajuan Ilmu Teknologi. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini bermula dari kurangnya perhatian guru terhadap kemajuan ilmu teknologi yang ada, sehingga siswa masih menggunakan teknologi didalam pembelajaran dan mengakibatkan guru menerangkan dianggap sebagai dongeng tidur siangnya. Dan juga menciptakan dan mengembangkan kepribadian yang tahu akan apa yang mereka perbuat baik itu merugikan atau menguntungkan untuk dirinya sendiri. Akan tetapi realitanya di MA Wahid Hasyim khususnya kelas Xb masih ditemukan akhlak yang kurang baik seperti SMSan pada waktu guru sedang menjelaskan pelajaran, sibuk akan keluar karena akan ke warnet (warung internet) untuk membuka facebooknya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengupas bagaimana peran Guru Aqidah Akhlak dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku akhlak siswa kelas Xb MA Wahid Hasyim dalam membina akhlak untuk menghadapi kemajuan ilmu teknologi pada siswa kelas Xb MA Wahid Hasyim. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MA Wahid Hasyim . Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, dokumentasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogis-fenomenologis, yaitu peneliti berusaha untuk mengkaji pokok permasalahan penelitian dengan sudut pandang pendidikan, sedangkan fenomeonlogis berarti bahwa peneliti ini tidak hanya melihat peristiwa dibalik suatu apa yang terjadi tersebut akan tetapi makna dari peristiwa tersebut. Analisis data dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian memeriksa keabsahan data serta menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peran Guru Aqidah Akhlak dalam membina akhlak siswa kelas Xb yaitu: pengenalan pelajaran dan jati diri para siswa, guru sebagai tempat solusi untuk permasalahan siswa, memberikan solusi kepada masalah yang diemban dari para siswa, mendekati siswa yang dinilai terlalu nakal sehingga ada perhatian penuh, tata tertib sekolah. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku akhlak kurang baik pada siswa kelas Xb MA Wahid Hasyim meliputi: faktor internal yakni dari siswa sendiri dan faktor eksternal yakni faktor dari keluarga, pergaulan (ligkungan), faktor lingkungan sekolah, faktor teman dekat. Sedangkan Dari hasil penelitian tersebut diketahui bahwa kegiatan guru dalam membina akhlak sebagian besar dilakukan dengan rutin dan berkesinambungan, sehingga siswa akan merasa diperhatikan, kegiatan ini berjalan dengan baik. Walaupun demikian, materi dan metode yang digunakan belum seluruhnya sempurna, karena belum mengatasi masalah yang ada pada siswa kelas Xb MA Wahid Hasyim. Hal ini terlihat dari masih ditemukan beberapa siswa kelas Xb yang masih tetap melakukan pelanggaran. date: 2012-12-06 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/5/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/6/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/7/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/8/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/9/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/10/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/11/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/12/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/15/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/16/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/17/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/18/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/19/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/20/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/21/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9959/22/small.jpg identifier: SAHIDIN, NIM. 08410014 (2012) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA KELAS XB MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA DALAM MENGHADAPI KEMAJUAN IPTEK. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.