@phdthesis{digilib9963, month = {December}, title = {UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011-2012 }, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08410221 SITI MUNFARIDA}, year = {2012}, keywords = {aqidah akhlak, pembelajaran anak}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9963/}, abstract = {SITI MUNFARIDA. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTsN Yogyakarta II Tahun Ajaran 20112012. Skripsi. Yogyaklarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Pelajaran Akidah Akhlak merupakan salah satu mata pelajaran Pendidikan Islam yang ada di MTsN Yogyakarta II. dengan adanya pelajaran ini idealnya para siswa memiliki pribadi dengan cirri khas Madrasah, yang mencerminkan, melihat kenyataan tingkah laku siswa tidak mencerminkan pribadi yang berciri kahas madrasah. Menyikapi hal tersebut guru disini terlibat dalam tantangan terhadap tugas besarnya dalam usaha bagaimana cara membimbing siswanya dengan ciri khas pribadi madrasah. Untuk itu peneliti tertarik mengadakan penelitian tentang Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTsN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011-2012. Dalam penelitian ini tujuannya antara lain: (a) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN Yogyakarta II; (b) Untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak di MTsN Yogyakarta II. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang bertempat di Desa Mendungan UH VII/566 Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner. Analisa data dengan menelaah seluruh data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menunjukkan: 1) Upaya yang dikakukan oleh guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak dibedakan menjadi dua cara; a) Kegiatan Intrakulikuler meliputi segala hal yang berkaitan kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak yang terjadi di dalam kelas; b) Kegiatan Ektrakulikuler meliputi kegiatan yang terjadi di luar kelas seperti: les Iqro?, shalat berjamaah, kegiatan mujahadah, dan kegiatan pengajian bergilir, infak bersama dan sambut mentari, pesantren kilat. 2) Faktor penunjang: (a) Koleksi buku perpustakaan yang memadai; (b) Alat pembelajaran yang memadai; (c) Terjalin kerjasama dengan baik antar guru bidang studi dan dengan orang tua. Faktor penghambat: (a) Perpustakaan yang kurang berfungsi; (b) Kurang memfungsikan alat peraga; (c) Adanya siswa yang ramai dan kurang pemperhatikan dalam pembelajaran; (d) Terdapatnya sebagian siswa kelas VII yang belum bisa membaca Al-Qur?an dan menulis huruf hijaiyah (e) Terbatasnya pengawasan dan kontrol dari guru terhadap para siswa di sekolah. } }