%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI ROEQOYAH , NIM.08420172 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2012 %F digilib:9965 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K peer lesson,pembelajaran al-qira'ah %T EKSPERIMENTASI METODE PEER LESSON DALAM PEMBELAJARAN Al-QIRA’AH SISWA KELAS XI IPA 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI WONOSOBO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9965/ %X SITI ROEQOYAH. Eksperimentasi Metode Peer Lesson Dalam Pembelajaran Al-Qirā’ah Siswa Kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri Wonosobo. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar al-qirā’ah kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan metode peer lesson) dengan kelompok kontrol (kelompok yang tidak menggunakan metode peer lesson) pada siswa kelas XI IPA MAN Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Wonosobo sebanyak 98 siswa yang terdiri dari empat kelas. Dan pengambilan sampelnya dengan menggunakan rancangan sampling non probabilitas berupa sampling purposive, Untuk sampel yang diambil adalah dua kelas , yaitu kelas XI IPA 1 dengan jumlah 27 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 3 dengan jumlah 22 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, wawancara, obsservasi dan dokumentasi. Untuk menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan menggunakan uji validitas isi (content validity). Uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas sebaran dengan rumus kolmogorov-smirnov dan saphiro-wilk. Sedangkan uji homogenitasnya menggunakan rumus lavene statistic. Analisis data menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar materi al-qirā’ah siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata post-test kelompok eksperimen sebesar 81.18519 sedangkan kelompok kontrol 73.5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar bahasa Arab mahārah al-qirā’ah antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Oleh karena itu, metode peer lesson dapat digunakan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran al-qirā’ah.