%0 Thesis %9 Skripsi %A EMI MARTANTI, NIM. 08480039 %B UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %D 2012 %F digilib:9968 %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %K jigsaw, matematika, prestasi belajar, mi ma’arif giriloyo 2 %T UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN JIGSAW PADA KELAS V MI MA’ARIF GIRILOYO 2 WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9968/ %X EMI MARTANTI. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Jigsaw Pada Kelas V MI Ma’arif Giriloyo 2 Wukirsari Imogiri Bantul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa seharusnya dalam proses pembelajaran Matematika guru dituntut untuk dapat lebih kreatif dan menggunakan strategi pembelajaran yang menarik sehingga akan diikuti peningkatan prestasi belajar siswa yang baik pula. Dalam kenyataannya guru masih menggunakan strategi pembelajaran yang kurang menarik sehingga prestasi belajar siswa pun juga menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan strategi pembelajaran Jigsaw dan meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika di kelas V MI Ma’arif Giriloyo Wukirsari Imogiri Bantul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Matematika dengan menggunakan strategi Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V MI Ma’arif Giriloyo 2 Wukirsari Imogiri Bantul Yogyakarta. Hal ini terlihat dari persentase siswa yang tuntas belajar diatas KKM yaitu pada pra tindakan sebesar 35% pada siklus I meningkat 25 % menjadi 60%, pada siklus II meningkat 15% menjadi sebesar 75%.