@phdthesis{digilib9972, month = {December}, title = {KORELASI MATA PELAJARAN MUHADASAH DENGAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MUHADASAH DI KELAS XI AGAMA MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 }, school = {PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 08420037 SUSI ISTIYANINGSIH }, year = {2012}, keywords = {muhadasah, kolerasi pembelajaran}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9972/}, abstract = {Susi Istiyaningsih, Korelasi Mata Pelajaran Muhadasah Dengan Pengembangan Kemampuan Muhadasah Di Kelas XI Agama MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bermula dari alasan dan tujuan mengapa mata pelajaran muhadasah itu diadakan di kelas Agama sebagai solusi dari masalah yang terjadi di siswa-siswi MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana korelasi mata pelajaran muhadasah dengan pengembangan kemampuan muhadasah di kelas XI Agama MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan penelitian korelasional. Yaitu peneliti akan menghubungkan antara mata pelajaran muhadasah dengan pengembangan kemampuan muhadasah kelas XI Agama MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Sedangkan untuk pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, angket serta tes. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa antara mata pelajaran muhadasah dengan pengembangan kemampuan muhadasah di kelas XI Agama MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 terdapat korelasi yang signifikan.. Hal ini dapat dilihat dari input yang meliputi guru, siswa dan sarana prasarana, kemudian dari proses pembelajaran, serta selanjutnya dilihat dari output yang berupa hasil uji hipotesis. Yang menunjukan bahwa antara mata pelajaran muhadasah dengan pengembangan kemampuan muhadasah kelas XI Agama MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 terdapat hubungan yang signifikan. Yaitu karena r hitung sebesar 0,001{\ensuremath{<}} dari r tabel sebesar 0,05. } }