eprintid: 9973 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/99/73 datestamp: 2014-03-07 02:12:42 lastmod: 2014-03-07 02:12:42 status_changed: 2014-03-07 02:12:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FARIDAH MUSTHOFIYAH, NIM. 07410065 title: PENERAPAN METODE MIND MAP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARANALQUR’AN SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BAGELEN TAHUN 2011/2012 ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: metode mond map, prestasi belajar, alqur'an abstract: FARIDAH MUSTHOFIYAH , Penerapan Metode Mind Map Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Bagelen Tahun 2011 / 2012. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari kurangnya perhatian siswa pada saat proses pembelajaran agama khususnya Al-Qur’an berlangsung di sekolah. Karena pendidik hanya penggunakan metode pembelajaran yang masih tradisional yaitu ceramah dan tanya jawab. Hal ini menyebabkan nilai atau prestasi yang dicapai oleh siswa kurang memuaskan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran di SMP Muhammadiyah Bagelen sebelum dan saat menggunakan metode Mind Map, bagaimana prestasi peserta didik SMP Muhammadiyah Bagelen antara sebelum dan sesudah menggunakan Metode Mind Map dan apakah terdapat perbedaan yang signifikan mengenai peningkatan prestasi belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Bagelen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an antara sebelum dan saat menggunakan metode Mind Map dan mengetahui efektifitas penerapan metode Mind Map pada pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan prestasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Bagelen. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber ilmiah bagi dunia pendidikan dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, evaluasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus t-test untuk mengetahui perbandingan peningkatan prestasi antara sebelum dan setelah menggunakan metode Mind Map dalam pembelajaran Al-Qur’an. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) selama ini proses pembelajaran Al-Qur’an di SMP Muhammadiyah Bagelen masih berpusat pada guru, sehingga banyak siswa yang tidak memperhatikan. Sedangkan pada saat menggunakan metode Mind Map, siswa terlihat antusias. Karena selain belajar, mereka juga dapat mengembangkan imajinasinya dalam sebuah gambar. (2) Prestasi belajar siswa sebelum menggunakan Metode Mind Map masih banyak yang belum mencapai tingkat ketuntasan, (3) Setelah metode Mind Map diterapkan dalam pembelajaran Al-Qur’an ternyata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Ini terlihat pada penelitian pada siklus pertama dan kedua, (4) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang menggunakan metode tradisional dan yang menggunakan metode Mind Map. date: 2012-12-03 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi citation: FARIDAH MUSTHOFIYAH, NIM. 07410065 (2012) PENERAPAN METODE MIND MAP SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARANALQUR’AN SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH BAGELEN TAHUN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9973/22/small.jpg