relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/ title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) BINA ANAK ISLAM KRAPYAK PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA creator: SYAIFUL HUDA, NIM. 08410229 subject: Pendidikan Agama Islam description: SYAIFUL HUDA. Implementasi Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Anak Islam Krapyak Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak merupakan penerus generasi yang ada sekarang. Akan tetapi, saat ini pendidikan karakter kepada siswa kurang begitu diperhatikan. Banyak anak zaman sekarang yang kurang mendapatkan pendidikan agama, padahal agama merupakan pegangan hidup. Di SDIT Bina Anak Islam Krapyak pendidikan karakter ditekankan dengan tujuan agar anak memiliki akhlak yang mulia. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter pada anak di SDIT Bina Anak Islam Krapyak, metode apa saja yang digunakan guru, serta apa fakor pendukung dan penghambat dalam merealisasikan hal tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan penyempurnaan dalam kaitannya dengan implementasi pendidikan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SDIT Bina Anak Islam Krapyak. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan penjelasan terhadap data yang telah dikumpulkan. Pemeriksaan data dilakukan dengan melakukan triangulasi atau membandingkan data dari berbagai sumber dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Implementasi Pendidikan Karakter di SDIT Bina Anak Islam Krapyak berdasar pada visi sekolah yaitu “Menyemai Generasi Qur‟ani yang mampu mengedepankan Akhlaqul Karimah dengan dibekali Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang mumpuni.” Yang kemudian di kembangkan kedalam program-program khusus yang mendukung terbentuknya karakter peserta didik baik di dalam (diintegrasikan kedalam RPP dan pembelajaran di kelas) maupun di luar kelas (pemantauan pendidikan oleh guru kepada siswa ketika melakukan segala sesuatu di luar kelas) dengan metode pendidikan yang bervariasi. Faktor pendukung dalam proses pendidikan karakter di SDIT BAIK yaitu: 1) Dari pihak pengelola sekolah sangat bagus dalam hal dukungan terhadap program-program pembinaan karakter bagi siswa. 2) Dari pihak wali siswa juga sangat mendukung terhadap program-progaram yang dirancang oleh sekolah bahkan mereka menginginkan nilai-nilai akhlak harus menjadi prioritas utama. 3) Guru memiliki kemampuan dalam menyampaikan materi dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. 4) Guru memiliki semangat yang tinggi dalam mengajar. Faktor penghambat: 1) Perpindahan sekolah dari gedung lama ke gedung baru sebagai tempat pembelajaran sedikit banyak mengganggu kenyamanan siswa dalam melakukan kegiatan di sekolah. 2) Guru tidak bisa selalu mengawasi sikap siswa sepanjang hari, oleh karena itu peran orang tua dirumah sangat dibutuhkan dalam upaya membantu proses internalisasi nilai-nilai karakter dalam diri anak. date: 2012-12-19 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/2/BAB%20II%2C%20III.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/7/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/8/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/9/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/10/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/15/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/16/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/17/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/18/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/19/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/20/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/21/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9974/22/small.jpg identifier: SYAIFUL HUDA, NIM. 08410229 (2012) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) BINA ANAK ISLAM KRAPYAK PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.