eprintid: 9975 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/99/75 datestamp: 2014-03-07 02:12:56 lastmod: 2017-04-07 06:37:53 status_changed: 2014-03-07 02:12:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FATHIMAH KHOIROTINISA, NIM. 06420068 title: KORELASI INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: interaksi edukatif, prestasi belajar siswa, bahasa arab abstract: Fathimah Khoirotinisa, Korelasi Interaksi Edukatif Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Siswa di MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana interaksi edukatif guru bahasa Arab dalam proses pembelajaran, bagaimana prestasi belajar bahasa Arab siswa dan adakah korelasi antara interaksi edukatif dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa di MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Interaksi edukatif guru dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta, berada pada kategori Sedang yaitu pada kelas interval 36 – 42 dengan prosentase 46,87%. Pengkategorian ini dibedakan lagi menjadi dua, positif (Sangat Tinggi, Tinggi, Sedang) dan negatif (Rendah, Sangat Rendah). Dengan demikian interaksi edukatif dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta termasuk dalam kategori positif. (2) Prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta, cukup baik dengan rata-rata 78,25. (3) Ada korelasi positif dan signifikan antara Interaksi Edukatif (X) dalam pembelajaran terhadap Prestasi Belajar (Y) bahasa Arab siswa MTs Al Ma’had An Nur Ngrukem Bantul Yogyakarta. Hal ini berdasarkan hasil analisis menggunakan korelasi Product Moment melalui program SPSS 15.00 for windows, yaitu diperoleh r hitung sebesar 0,349 dan hasil tersebut dikonsultasikan dengan r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% dengan df= 62, maka diperoleh koefisien korealsi r tabel 0,250 dan 0,325. Dengan ketentuan jika r hitung > r tabel atau 0,366 > 0,250 (5%) dan 0,366 > 0,325(1%), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada korelasi yang positif dan signifikan antara interaksi edukatif dengan prestasi belajar bahasa Arab siswa. date: 2012-12-03 date_type: published institution: PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA department: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: FATHIMAH KHOIROTINISA, NIM. 06420068 (2012) KORELASI INTERAKSI EDUKATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MTs AL MA’HAD AN NUR NGRUKEM BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9975/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9975/2/BAB%20II%2C%20III.pdf