%A NIM. 08410156 HENDRI %T KONSEP HYPNOTEACHING MENURUT BUKU HYPNOTEACHING FOR SUCCESS LEARNING KARYA MOHAMMAD NOER DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN PAI %X HENDRI SUJATMIKO. Konsep Hypnoteaching Menurut Buku Hypnoteaching For Success Learning dan Relevansinya dengan Pembelajaran PAI. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah problematika dan stagnasi yang selama ini menghantui pendidikan Islam, salah satunya adalah dalam hal menerapkan metode dalam proses pembelajaran. Beberapa komentar tentang stagnasi dan ketidakefektifan metode pembelajaran agama Islam pun bermunculan. Semangat reformasi pendidikan yang bergulir menghendaki perubahan-perubahan mendasar dalam sistem pembelajaran. Untuk menyambut semangat itulah kiranya hypnoteaching sebagai salah satu pengembangan metode pembelajaran terbaru dapat dijadikan alternatif khususnya dalam pembelajaran agama Islam demi tercapainya tujuan pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reserch), pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi pendidikan, sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analisys). Dalam hal ini penulis akan mengungkapkan konsep hypnoteaching dalam pembelajaran kemudian menafsirkan bagaimana relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Konsep hypnoteaching dalam pembelajaran yaitu pembelajaran lewat pendekatan sugestif-psikologis. Dalam praktik hypnoteaching, guru cukup menggunakan bahasa persuasif sebagai alat komunikasi yang dapat mensugesti siswa secara efektif. Gunakan bahasa komunikasi yang sesuai dengan harapan siswa. Dalam arti, turunkan gelombang otak siswa dari beta menjadi alpha-theta. Gunakan inti dan substansi dari ilmu hipnosis, yakni komunikasi dan sugesti. (2) Hypnoteaching cukup relevan dengan pembelajaran PAI, ditinjau dari hubungan dan keterkaitannya dengan komponenkomponen Pendidikan Agama Islam, diantaranya: 1) Relevan dengan tujuan pendidikan Islam yakni menjadikan peserta didik menjadi insan kamil yaitu manusia sempurna berdasar konsep Islam, 2) Relevan dengan guru PAI tentang tugas guru membimbing peserta didik dan menciptakan situasi untuk pendidikan yang efektif dan efisien agar tujuan pembelajaran PAI dapat tercapai, 3) Relevan dengan materi PAI yaitu pendidikan iman, pendidikan ibadah dan pendidikan akhlak, dan 4) Relevan dengan metode pembelajaran PAI sebagaimana teori-teori pendidikan baru yang sudah muncul dahulu, seperti Quantum Learning, Quantum Teaching, Accelerated Learning, dan lain lain, semua bermuara pada satu visi misi yang sama, yaitu meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang dipandang lebih efektif, efisien, menyenangkan dan menggembirakan. %D 2012 %K hypnoteaching, buku hypnoteaching for success learning relevansinya, pembelajaran pai %I PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib9987