TY - THES ID - digilib9991 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9991/ A1 - IMAM AFIJATAN, NIM. 08410092 Y1 - 2012/12/03/ N2 - IMAM AFIJATAN, ?Peran Kepala Madrasah, Guru BK dan Guru PAI Dalam Mengatasi Permasalahan Geng Pelajar di MAN Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012?. Skripsi, Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga 2012. Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya sekolah-sekolah yang memiliki geng pelajar dari mulai kota besar hingga pelosok, hal ini tentu memunculkan keprihatinan terutama dunia pendidikan yang seharusnya mampu membentuk generasi penerus bangsa yang unggul, beriman dan bertaqwa. Berbagai penanganan sudah dilakukan oleh madrasah untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja tindakan penanganan dari pihak madrasah yang diwakili oleh Kepala Sekolah, Guru BK dan Guru PAI serta mengetahui berhasil tidaknya penanganan dari pihak madrasah tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala madrasah yang didelegasikan kepada Waka bidang kesiswaan, Guru BK, guru PAI serta siswa MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012 yang terkait dalam kegiatan geng pelajar. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pihak madrasah berupaya untuk menghilangkan berbagai aktifitas geng yang ada di madrasah dari mulai membubarkan geng secara langsung, menghilangkan atribut-atribut geng di sekolah serta menerapkan tata tertib yang ketat bagi siswa yang ikut dalam kegiatan geng di madrasah (2) Guru PAI turut berperan dalam mengatasi permasalahan geng pelajar di MAN Yogyakarta II melalui sebuah kegiatan khusus yang bertajuk keagamaan yaitu pesantren sabtu ahad yang di akronimkan PETUAH dimana dalam kegiatan tersebut guru PAI mendidik seluruh siswa agar mampu berakhlak mulia sesuai selogan MAN Yogyakarta II The Real Islamic School, kegiatan ini dilaksanakan secara bergiliran(3) Penanganan dari pihak sekolah tidak dilakukan sendiri melainkan bekerjasama dengan orang tua dan juga kepolisian sehingga hasilnya pun dapat dikatakan berhasil dalam menghilangkan kegiatan geng pelajar di MAN Yogyakarta II, dan juga menegakkan kedisiplinan melalui berbagai kegiatan dan juga aturan yang keras, hal ini dapat dilihat dari hilangnya aktifitas geng yang pada tahun 2009 hingga tahun 2011 sangat aktif meskipun pelanggaran-pelanggaran yang tidak berkaitan langsung dengan aktifitas geng masih ada di MAN Yogyakarta II hingga saat ini. PB - PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA KW - permasalahan geng pelajar KW - man yogyakarta M1 - skripsi TI - PERAN KEPALA MADRASAH, GURU BK DAN GURU PAI DALAM MENGATASI PERMASALAHAN GENG PELAJAR DI MAN YOGYAKARTA II AV - restricted ER -