KONTRIBUSI DZIKIR DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM ( STUDI TERHADAP PENGIKUT DZIKIR THARIQAH SYADZILIYAH DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA )

LISA DENI RISTININGRUM, NIM. 09410004 (2012) KONTRIBUSI DZIKIR DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM ( STUDI TERHADAP PENGIKUT DZIKIR THARIQAH SYADZILIYAH DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA ). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img] Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)

Abstract

LISA DENI RISTININGRUM. Kontribusi Dzikir Dalam Pembentukan Kepribadian Muslim (Studi Terhadap Pengikut Thariqah Syadziliyah di Pondok Pesantren Miftahul Huda). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa kunci dalam pembentukan kepribadian muslim terletak pada pengolahan hati, bukan hanya pendidikan moral. Pengolahan hati untuk mencapai hati yang bersih (qalbu al salim) hanya bisa dilakukan melalui dzikir secara khusus. Sejak tahun 2006, para murid Thariqah Syadziliyah di Pondok Pesantren Miftahul Huda sudah mengamalkan dzikir dengan metode khusus dan mengikuti pendidikan dzikir Thariqah Syadziliyah. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk dan pelaksanaan dzikir Thariqah Syadziliyah, apa kontribusi dari pelaksanaan dzikir dan pendidikan dzikir Thariqah Syadziliyah dalam pembentukan kepribadian muslim, dan apa faktor pendukung serta faktor penghambat baik dalam pelaksanaan dzikir maupun syiar pendidikan dzikir Thariqah Syadziliyah di Pondok Pesantren Miftahul Huda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan pelaksanaan dzikir Thariqah Syadiliyah, menganalisis kontribusi dzikir Thariqah Syadziliyah dalam pembentukan kepribadian muslim, dan menjelaskan faktor penghambat maupun pendukung dalam pelaksanaan dzikir dan syiar pendidikan dzikir Thariqah Syadziliyah di Pondok Pesantren Miftahul Huda. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar di Pondok Pesantren Miftahul Huda. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode berpikir induktif dan pemberian makna terhadap data. Data direduksi, disajikan, dimaknai dan ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk dzikir Thariqah Syadziliyah adalah dzikir jahr, pelaksanaannya dengan talqin dzikir, dzikir wajib perseorangan, dzikir dan doa untuk keluarga dan umat, dzikir dan doa secara berkelompok, dan dzikir di tempat-tempat khusus. Metode syiar pendidikan dzikir Thariqah Syadziliyah adalah dengan silaturrahim, berkumpul, majellis ta’lim dan majelis dzikir (meliputi majellis ta’lim dan majelis dzikir umum, majellis ta’lim dan majelis dzikir khusus, majellis ta’lim dan majelis dzikir kolosal), dan pembangunan tempat ibadah/tempat bersejarah. (2) Kontribusi dzikir Thariqah Syadziliyah dalam pembentukan kepribadian muslim adalah bahwa pengamalan dzikir dan pendidikan dzikir Thariqah Syadziliyah dapat meningkatkan keimanan, meningkatan ibadah/amal sholeh, membentuk insan yang berakhlak karimah, meningkatkan kualitas jasmani rohani dan aqli, meningkatkan motivasi belajar, dan menjadi sarana dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. (3) Faktor penghambat pelaksanaan dzikir thariqah merupakan faktor intern yaitu adanya rasa malas, dan tekad yang tidak kuat. Faktor pendukungnya adalah adanya keinginan sendiri dan keinginan untuk berakhlak karimah dan khusnul khotimah. Faktor penghambat dalam syiar pendidikan dzikir Thariqah Syadziliyah antara lain: pemaknaan dzikir yang menyempit, perbedaan faham masyarakat tentang kedudukan pelajaran thariqah, perbedaan makna kata “baiat”, terbatasnya tenaga pengajar. Sedangkan faktor pendukung dalam syiar pendidikan dzikir Thariqah Syadziliyah adalah adanya kesesuaian dengan tradisi masyarakat jawa, adanya kejenuhan masyarakat dengan konflik keagamaan, dan tempat kegiatan dzikir thariqah yang mudah dijangkau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kontribusi dzikir, pembentukan kepribadian, pondok pesantren miftahul huda
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 07 Mar 2014 09:17
Last Modified: 07 Mar 2014 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10000

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum