PENGARUH RASIO KEUANGAN, SUKU BUNGA DAN INFLASI TERHADAP BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH BANK UMUM SYARIAH (BANK MUAMALAT INDONSIA DAN BANK SYARIAH MANDIRI PERIODE 2007-2011)

RENI WIDYASTUTI, NIM. 08390117 (2012) PENGARUH RASIO KEUANGAN, SUKU BUNGA DAN INFLASI TERHADAP BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH BANK UMUM SYARIAH (BANK MUAMALAT INDONSIA DAN BANK SYARIAH MANDIRI PERIODE 2007-2011). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (795kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)

Abstract

Salah satu yang menjadi pembeda bank syariah dengan bank konvensional adalah sistem bagi hasil. Hal ini menjadi penting bagi bank syariah untuk meningkatkan tingkat bagi hasil yang diberikan kepada nasabah yaitu tingkat bagi hasil tabungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh Ratio on Assets (ROA), Financing to Deposits Ratio (FDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), Suku Bunga dan Inflasi terhadap bagi hasil deposito mudharabah pada Bank Umum Syariah. Penelitian ini termasuk kategori Penelitian kepustakaan. Periode penelitian ini dilakukan dari bulan Januari tahun 2007 sampai bulan Desember tahun 2011 sehinga datanya menjadi 40. Adapun variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Return on Assets (ROA), Financing to Deposits Ratio (FDR), Capital Adequacy Ratio (CAR), Suku Bunga dan Inflasi. Sedangkan bagi hasil deposito mudharabah adalah variabel dependen. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Untuk menjelaskan varibel tersebut, data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakn model regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian statistik dan analisis pembahasan, Return On Assets, Financing to Deposits Ratio, Capital Adequacy Ratio, Suku Bunga dan Inflasi terbukti berpengaruh secara simultan terhadap bagi hasil deposito mudharabah Bank Umum Syariah. Seluruh variabel independen penelitian ini dapat menjelaskan variabilitas bagi hasil deposito mudharabah Bank Umum Syariah sebesar 46,9%. Secara parsial hanya ROA, FDR dan Suku Bunga yang mampu berpengaruh secara signifikan terhadap bagi hasil deposito mudharabah Bank Umum Syariah. Sedangkan CAR dan inflasi tidak berpengaruh terhadap bagi hasil deposito mudharabah Bank Syariah Mandiri. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan ROA, FDR, CAR, Suku Bunga dan Inflasi memiliki pengaruh terhadap bagi hasil deposito mudharabah Bank Umum Syariah sebesar 46,9%. Secara parsial, variabel ROA berpengaruh positif signifikan terhadap bagi hasil deposito mudharabah (sig.t 0,000 < 0,05), FDR berpengaruh negatif signifikan terhadap bagi hasil mudharabah (sig.t 0,091 < 0,010) dan Suku Bunga berpengaruh negatif signifikan terhadap bagi hasil deposito mudharabah (sig.t 0,22 < 0,05) dan. Sementara itu variabel yang tidak berpengaruh adalah inflasi sebesar (sig.t 0,285 > 0,005) dan CAR sebesar (sig.t 0,568 > 0,005).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: return on assets, financing to deposits ratio, capital adequacy ratio, suku bunga dan inflasi bank umum syariah
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 Mar 2014 08:12
Last Modified: 26 Sep 2016 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10029

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum