PENGARUH ASYMMETRIC INFORMATION DAN ATRIBUT PROYEK TERHADAP AGENCY CONTRACTUAL DALAM KONTAK PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK SYARIAH DI D.I.YOGYAKARTA

IMAM NABAWI, NIM. 08390124 (2012) PENGARUH ASYMMETRIC INFORMATION DAN ATRIBUT PROYEK TERHADAP AGENCY CONTRACTUAL DALAM KONTAK PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK SYARIAH DI D.I.YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh moral hazard, conflict of interest dan atribut proyek terhadap agency contractual. Model kontrak mudharabah diindikasikan sarat dengan agency problem yang disebabkan oleh adanya asymmetric information berupa moral hazard, perbedaan kepentingan (conflict of interest) dan proses screening atribut proyek . Penelitian ini berjenis penelitian terapan, yaitu dilakukan untuk mencari pemecahan masalah-masalah nyata dalam kehidupan secara ilmiah. Penelitian ini bersifat hypothesis testing yaitu penelitian yang bertujuan untuk menguji hipotesis (kesimpulan sementara) untuk memperoleh hasil penelitian yang sebenarnya tentang agency contractual dalam pembiayaan mudharabah pada bank syariah di Yogyakarta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu dikumpulkan dengan cara menggunakan kuisioner. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan tujuan agar dapat diperoleh hasil yang terwakili. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan moral hazard, conflict of interest dan atribut proyek mempunyai pengaruh terhadap agency contractual. Namun secara parsial hanyalah atribut proyek yang berpengaruh terhadap agency contractual. Sedangkan moral hazard, conflict of interest tidak mempunyai pengaruh terhadap agency contractual. Secara bersama-sama moral hazard, conflict of interest dan atribut proyek berpengaruh sebesar 73,2% dan secara parsial variabel-variabel tersebut menunjukan bahwa nilai signifikansi uji variabel moral hazard sebesar 0,064 > 5%, sehingga moral hazard tidak berpengaruh terhadap agency contractual dan conflict of interest memiliki nilai signifikansi sebesar 0,744 > 5%, sehingga conflict of interest tidak berpengaruh terhadap agency contractual. Variabel atribut proyek memiliki nilai signifikansi 0,000 < 5% , sehingga dapat disimpulkan bahwa atribut proyek berpengaruh terhadap agency contractual. Kata kunci : moral hazard, conflict of interest, atribut proyek, mudharabah, agency contractual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: moral hazard, conflict of interest, atribut proyek, mudharabah, agency contractual
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Mar 2014 09:24
Last Modified: 26 Sep 2016 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10049

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum