ANALISIS PERBANDINGAN RISIKO BANK UMUM SYARIAH DENGAN RISIKO BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN SYARIAH DAN KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BI TAHUN 2008-2012)

INTAN KUMALASARI, NIM. 08390150 (2012) ANALISIS PERBANDINGAN RISIKO BANK UMUM SYARIAH DENGAN RISIKO BANK KONVENSIONAL DI INDONESIA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PERBANKAN SYARIAH DAN KONVENSIONAL YANG TERDAFTAR DI BI TAHUN 2008-2012). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)

Abstract

Bank merupakan lembaga intermediasi keuangan yang paling penting dalam sistem perekonomian. Bank umum syariah maupun bank konvensional memiliki peranan sebagai perantara keuangan antara pihak-pihak yang memiliki dana dengan pihak-pihak yang memerlukan dana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar risiko yang harus dihadapi bank umum syariah dan bank konvensional sehingga masyarakat dapat memilih tempat untuk berinvestasi secara tepat dan berusaha mendapatkan keuntungan yang lebih besar dengan risiko yang lebih kecil. Untuk mengetahui besarnya risiko yang harus dihadapi antara bank umum syariah dengan bank konvensional dapat diketahui dengan menggunakan NPF/NPL dan FDR/LDR berdasar laporan keuangan yang telah dikeluarkan oleh bank Indonesia. Penelitian kali ini mengambil sampel sebanyak 6 bank, terdiri dari 3 bank umum syariah dan 3 bank konvensional dengan mengambil laporan keuangan per semester dari tahun 2008-2012. Hasil analisis uji Independent Sample t-Test menunjukkan bahwa pada proxy NPF/NPL tidak terdapat perbedaan antara bank umum syariah dengan bank konvensional. Sedangakan pada proxy FDR/LDR menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara bank umum syariah dengan bank konvensional, yaitu FDR bank umum syariah lebih besar daripada LDR bank konvensional. Hasil penelitian diatas diharapkan bermanfaat bagi pihak bank dan masyarakat dalam melakukan investasi dengan melihat berbagai aspek yang mampu mempengaruhi kinerja maupun risiko bank. Kata kunci: Risiko, Bank Umum Syariah, Bank Konvensional, NPF/NPL, FDR/LDR

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Risiko, Bank Umum Syariah, Bank Konvensional, NPF/NPL, FDR/LDR
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Mar 2014 09:24
Last Modified: 26 Sep 2016 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10055

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum