PENDIDIKAN AGAMA ISLAM; PERSPEKTIF PENDIDIKAN PLURALISME (STUDI KASUS DI SMK YPKK 1 SLEMAN)

ABDUL GHANI, NIM. 05410135 (2012) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM; PERSPEKTIF PENDIDIKAN PLURALISME (STUDI KASUS DI SMK YPKK 1 SLEMAN). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABDUL GHANI. Pendidikan Agama Islam; Perspektif Pendidikan Pluralisme (Studi Kasus di SMK YPKK 1 Sleman). Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya motivasi atau semangat belajar siswa didalam kelas. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran terutama dalam bidang pendidikan agama islam. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar tempat di SMK YPKK 1 Sleman. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Pertama yaitu observasi atau pengamatan yang dilakukan sebelum melakukan penelitian sesungguhnya. Kemudian yang kedua adalah pengumpulan data. Langkah ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian di sini adalah guru Pendidikan Agama di SMK YPKK 1 Sleman baik Pendidikan Agama Islam, Kristen dan Katolik. Hasil penelitian menunjukkan: Pluralisme agama tertumpu pada implementasi nilai-nilai yang terdapat di dalamnya untuk dapat diaktualisasikan dalam kehidupan beragama demi terwujudnya masyarakat agama yang harmonis. Untuk itu, guru pendidikan agama Islam (PAI) perlu melakukan upaya-upaya menemukan nilai-nilai tersebut dan kemudian mengaktualisasikan, mengenalkan dan mengajarkannya pada peserta didik, yaitu: 1) Memberi kepahaman kepada siswa akan arti pluralisme agama secara mendalam melalui pelajaran agama Islam yang didasarkan pada Al- Qur'an dan Hadits. 2) Melakukan bimbingan-bimbingan keagamaan di luar Kegiatan Belajar Mengajar di kelas. 3) Melatih kebersamaan dan kerukunan siswa dengan mengundang siswa non-muslim di acara keagamaan Islam. 4) Mengaktualisasikan nilai-nilai pluralisme agama kepada siswa dengan cara menjadi suri tauladan yang baik. Implementasi pendidikan pluralisme dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK YPKK 1 Sleman dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa kendala, antara lain : 1) Tingkat kepedulian siswa yang masih rendah terhadap kegiatan pelaksanaan kegiatan bersama. 2) Adanya faktor eksternal terutama pergaulan di lingkungan luar sekolah yang membuat siswa menjadi tertutup atau bahkan over acting. 3) Faktor pendidikan dalam keluarga yang terlalu ekstrim atau bahkan tidak peduli sama sekali. Segenap warga sekolah SMK YPKK 1 Sleman telah menerapkan nilainilai pluralisme dalam kehidupan sosial sekolah, yaitu : saling menghargai, saling menghormati, tidak membeda-bedakan dalam pemberian hak kepada setiap individu, tidak saling menjatuhkan, mengakui keberagaman sebagai suatu rahmat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan, pluralisme
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 10 Mar 2014 11:52
Last Modified: 10 Mar 2014 11:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10073

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum