EFEKTIVITAS PROGRAM MUHADATSAH DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2011/2012 DITINJAU DARI PENDEKATAN KOMUNIKATIF

KURNIA WULANDARI, NIM. 08420043 (2012) EFEKTIVITAS PROGRAM MUHADATSAH DI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM PUTRI TAHUN AJARAN 2011/2012 DITINJAU DARI PENDEKATAN KOMUNIKATIF. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)

Abstract

Kurnia Wulandari (08420043) skripsi yang berjudul Efektifivitas Program Muhadatsah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri Tahun Ajaran 2011/2012 Ditinjau dari Pendekatan Komunikatif. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Muhadatsah Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri dan keefektivitas pelaksanaan program Muhadatsah dengan pendekatan komunikatif. Adapun permasalahan yang terjadi di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim santri kurang menguasai kosakata dalam berkomunikasi sehingga merasa kurang percaya diri dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini mengunakan jenis kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data yang berupa hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan subyek penelitian ini adalah seluruh santri kelas I, II, III, dan IV yang wajib mengikuti program Muhadatsah dan obyek penelitian ini adalah pelaksanaan program Muhadatsah. Hasil yang dapat diambil dalam penelitian adalah pelaksanaan program Muhadatsah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri yang cukup efektif. Karena secara keseluruhan program ini cukup sesuai dengan pembelajaran yang ada dalam pendekatan komunikatif. Dengan memiliki tujuan yang sama yaitu menekankan pada percakapan untuk mendapatkan suatu informasi dengan orang lain. Dan selanjutnya dalam pelaksanaannya menggunakan latihan berbahasa untuk berkomunikasi sehari-harinya. Oleh karena itu, peneliti dapat menyimpulkan bahwa program Muhadatsah di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Putri terjadi kesesuaian dengan Pendekatan komunikatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: program muhadatsah, pendekatan komunikatif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 10 Mar 2014 11:51
Last Modified: 07 Apr 2017 15:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10074

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum