EKSPERIMENTASI MEDIA BERBASIS E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LABORATORIUM UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

LAELATUL ISTIQOMAH, NIM. 08420051 (2012) EKSPERIMENTASI MEDIA BERBASIS E-LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI LABORATORIUM UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)

Abstract

Laelatul Istiqomah (Eksperimentasi Media Berbasis E-Learning Pada Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Laboratorium UIN Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan pada pembelajaran bahasa Arab antara kelas eksperimen (kelompok yang menggunakan media berbasis e-learning) dengan kelas kontrol (kelompok yang tidak menggunakan media berbasis e-learning). Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi peserta didik dalam belajar bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII A dan B MTsN Lab.UIN Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 70 siswa, yang terdiri atas dua kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen sejumlah 35 siswa, dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol sejumlah 35 siswa juga. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sedangkan pengkajian instrumen dalam rangka menguji keampuhan instrumen dilakukan dengan uji validitas dan realibilitas, untuk persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus One Sample Kolmogorof-Smirnov-Z, sedangkan uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan rumus Analisis Varians. Analisis untuk pengujian hipotesis yang dipakai berupa analisis statistik dengan menggunakan rumus Uji “t”. Berdasarkan hasil analisis uji “t” disimpulkan bahwa “terdapat perbedaan yang signifikan pada pembelajaran bahasa Arab antara kelompok eksperimen (yang menggunakan media berbasis e-learning) dengan kelompok kontrol (yang tidak menggunakan media berbasis e-learning).” Hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai rata-rata post test untuk kelompok eksperimen sebesar 90,57, sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata post test sebesar 82,57. Dari nilai rata-rata post test tersebut, kelompok eksperimen menunjukkan peningkatan lebih tinggi, yakni sebesar 27,71, sedangkan untuk kelompok kontrol hanya memperoleh nilai rata-rata peningkatan sebesar 21,14. Dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok menunjukkan bahwa media berbasis e-learning dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memilih media pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: e-learning, bahasa arab, model pembelajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 Mar 2014 15:08
Last Modified: 07 Apr 2017 16:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10075

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum