PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL PAIRED STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A MTS SA (Satu Atap) ANNA’IM AJISOKO SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

KUNI FATHONAH, NIM. 08420017 (2012) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING MODEL PAIRED STORYTELLING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII A MTS SA (Satu Atap) ANNA’IM AJISOKO SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

KUNI FATHONAH. Penerapan Metode Cooperative Learning Model Paired Storytelling Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VII A MTs SA (Satu Atap) ANNa’im Ajisoko Sragen. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Paired Storytelling dalam pembelajaran bahasa Arab, meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VII A MTs SA (Satu Atap) ANNa’im Ajisoko Sragen serta untuk mengetahui tanggapan siswa terkait pembelajaran bahasa Arab setelah menggunakan metode Paired Storytelling. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus terhadap 30 siswa. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), action (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Adapun analisis data kuantitatif dilakukan dengan uji beda mean ( test t). Hasil penelitian ini menujukkan: pertama, pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Penerapan metode Paired Storytelling diberi tugas kelompok untuk bercerita kembali dan melakukan percakapan khiwar dengan menggunakan bahasa Arab dengan versi bahasa mereka sendiri. Akhir dari kegiatan ini adalah evaluasi atau penilaian dari setiap hasil kerja kelompok. Kedua, adanya peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab dari pre-test, siklus I dan siklus II. Pada pre-test nilai rata-rata siswa adalah 57,67. Pada siklus pertama nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 67,0 dan siklus II menjadi 75,67. Hasil uji “t” terhadap nilai post-test siklus I dan siklus II menunjukkan nilai “t” hitung sebesar 5.517 dengan taraf signifikan 0.000, sedangkan nilai “t” tabel sebesar 2,04. Hal ini berarti bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada keterampilan berbicara bahasa Arab siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode, paired storytelling, keterampilan berbicara, bahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 Mar 2014 13:14
Last Modified: 07 Apr 2017 15:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10076

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum