KONSEP DAN IMPLEMENTASI SEKOLAH BERBASIS ALAM DI SD ALAM SMART KIDS DUSUN PEWARAKAN BAWANG BANJARNEGARA JAWA TENGAH

KHAFIDHATUL KHASANAH, NIM. 08470003 (2012) KONSEP DAN IMPLEMENTASI SEKOLAH BERBASIS ALAM DI SD ALAM SMART KIDS DUSUN PEWARAKAN BAWANG BANJARNEGARA JAWA TENGAH. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)

Abstract

Khafidhatul Khasanah. Konsep dan Implementasi Sekolah Berbasis Alam di SD Alam SMART KIDS Dusun Pewarakan Bawang Banjarnegara Jawa Tengah. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2012. Latar belakang penelitian, bahwa sistem pendidikan saat ini sudah tidak lagi berorientasi pada pembentukan manusia Indonesia seutuhnya dan praktek pendidikan membunuh banyak potensi peserta didik serta cenderung hanya mengedepankan aspek kognitif saja. Hal inilah yang memicu munculnya sekolahsekolah alternatif yang diyakini lebih memiliki mutu lebih baik dari pada sekolah-sekolah seperti biasa. Salah satu sekolah alternatif yang terbilang baru dan mulai diminati oleh masyarakat adalah sekolah berbasis alam. Sekolah Dasar Alam SMART KIDS Dusun Pewarakan Bawang Banjarnegara Jawa Tengah merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah alam yang telah didirikan di berbagai daerah di Indonesia. Di SD Alam SMART KIDS menggunakan alam sebagai media utama dalam pembelajaran peserta didiknya, sedangkan kurikulum yang di pakai mengacu kepada KTSP. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data adalah induktif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep, implementasi, faktor pendukung dan penghambat sekolah berbasis alam di SD Alam SMART KIDS Dusun Pewarakan Bawang Banjarnegara Jawa Tengah. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh komponen sekolah dan sampel penelitian ini yaitu pendiri sekolah alam, kepala sekolah, dan tenaga pendidik SD Alam SMART KIDS . Adapun hasil penelitian ini adalah pertama, konsep Sekolah Berbasis Alam di SD Alam SMART KIDS Dusun Pewarakan Bawang Banjarnegara Jawa Tengah adalah menjadikan alam sebagai ruang belajar, dan alam dijadikan sebagai media, objek dan bahan ajar. Dalam mewujudkan konsep sekolah alam, maka SD Alam SMART KIDS menggunakan empat pilar proses pembelajaran yaitu(1) pengembangan akhlak melalui teladan (Learning by Qudwah), (2)pengembangan logika dan daya cipta melalui ekperiental learning,(3)pengembangan kepemimpinan dengan metode outbound training, (4)pengembangan kemampuan wirausaha. Kedua, implementasi Sekolah berbasis alam terwujud dalam kurikulum yang meliputi: Tujuan, isi, proses pembelajaran, media dan evaluasi. Ketiga, Faktor pendukung internal adalah situasi dan kondisi lingkungan sekolah yang strategis,faktor pendukung eksternal adalah respon positif dari masyarakat dan pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Faktor penghambat internal adalah belum tersusunnya administrasi dengan baik, belum lengkapnya sarana prasarana, peralatan, media pembelajaran dan belum maksimalnya organic corporate farming.Faktor penghambat eksternal adalah ketidaksiapan yayasan memberikan bantuan finansial untuk pembangunan sekolah dan masih minimnya pemahaman masyarakat mengenai sekolah alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsep, implementasi, sekolah berbasis alam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 10 Mar 2014 11:52
Last Modified: 24 Mar 2017 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10081

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum