MENUMBUHKEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI SISWA BEDA AGAMA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN RELIGIOSITAS KELAS XI DI SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA

ITSNA FITRIA RAHMAH, NIM. 08470020 (2012) MENUMBUHKEMBANGKAN SIKAP TOLERANSI SISWA BEDA AGAMA MELALUI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN RELIGIOSITAS KELAS XI DI SMA BOPKRI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)

Abstract

Itsna Fitria Rahmah. Menumbuhkembangkan Sikap Toleransi Siswa Beda Agama Melalui Pelajaran Pendidikan Religiositas Kelas XI di SMA BOPKRI 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tabiyah dan Keguruan Univesitas Negeri Sunan Kalijaga. 2012. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa posisi pendidikan agama menurut UU Sisdiknas, berfungsi mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memahami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agamanya dan/atau menjadi ahli ilmu agama. Indonesia merupakan Negara yang demokratis, tetapi banyak konflik sosial yang terkait dengan agama. Sekolah umum di bawah yayasan non keagamaan dan keagamaan mempunyai peluang yang besar untuk membuat eksperimentasi pendidikan agama yang salah satunya bisa menjadi tanggapan atas masyarakat yang multikultural. SMA BOPKRI 1 Yogyakarta tidak menggunakan cara pemisahan siswa pada jam pelajaran agama, karena di sekolah yang bernaung di bawah yayasan Kristen ini tidak memberikan pelajaran agama Kristen Protestan, tetapi yang diberlakukan adalah pelajaran Pendidikan Religiositas sebagai jawaban dari persoalan tersebut. Penelitian ini berjenis kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah obervasi, dokumentasi dan wawancara. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data. Adapun analisis datanya menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Tujuan penelitian ini adalah untuk menumbuhkembangkan sikap toleransi siswa beda agama melalui mata pelajaran Pendidikan Religiositas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA BOPKRI 1 Yogyakarta dan objek penelitian ini adalah proses pembelajaran siswa dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Religiositas. Hasil penelitian ini, Pertama, munculnya mata pelajaran Pendidikan Religiositas dilatarbelakangi adanya sebuah perkembangan masyarakat Yogyakarta yang plural, selain itu di dalam SKB 3 Menteri mengharapkan bahkan mengharuskan saat ini sekolah-sekolah agama Kristen harus menyampaikan materi pendidikan agama sesuai dengan agama anaknya. Kedua, dalam penerapan Pendidikan Religiositas, siswa dilatih menjadi seorang pemimpin (leadership), dilatih memperoleh kesadaran dan rasa kejujuran pada saat mengikuti diskusi, menanamkan rasa tanggungjawab pada saat mendapatkan tugas untuk menyampaikan materi Religiositas. Ketiga, Pendidikan Religiositas meningkatkan sikap toleransi siswa beda agama kelas XI SMA BOPKRI 1 Yogyakarta baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat pada umumnya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dengan adanya Pendidikan Religiositas maka semakin berkembangnya sikap toleransi siswa terhadap sesama teman, dengan guru, dengan yang lain baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sikap toleransi, pendidikan religiositas
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 Mar 2014 13:14
Last Modified: 24 Mar 2017 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10088

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum