‘ADAD DAN MA‘DUD DALAM BAHASA ARAB SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA (ANALISIS KONTRASTIF)

IMAM MUL HAKIM, NIM. 08420145 (2012) ‘ADAD DAN MA‘DUD DALAM BAHASA ARAB SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA (ANALISIS KONTRASTIF). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)

Abstract

IMAM MUL HAKIM. Kata Bilangan dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia serta Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Analisis Kontrastif). Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2012. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa dalam proses belajar bahasa kedua tidak dapat dilepaskan dari pengaruh bahasa pertama yang telah dimiliki oleh seseorang. Analisis tentang hubungan antara bahasa pertama dengan bahasa kedua menjadi perlu dilakukan untuk mempermudah proses pembelajaran bahasa kedua. Penelitian ini mengkaji masalah gramatika yang memfokuskan pada kajian kata bilangan dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Adapun tujuan penyusunan skripsi ini untuk mengkaji persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan kata bilangan dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia serta memprediksi kesulitan-kesulitan yang timbul dari perbedaan kedua struktur bahasa tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, tepatnya adalah studi pustaka atau literatur. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumentasi (library research), yakni pengumpulan data yang berkaitan dengan tema dari buku-buku literatur. Data diolah dengan menggunakan metode deskriptif dari segi penyajiannya dan metode analisis kontrastif dari segi analisis. Analisis kontrastif adalah sebuah pendekatan pengajaran bahasa kepada peserta didik bilingual maupun multilingual. Dengan xvi adanya analisis tersebut, diharapkan pengajar maupun peserta didik dapat lebih mudah dalam melakukan proses belajar mengajar bahasa dan mampu meminimalisir kesulitan yang muncul dalam memahami dan menggunakan bahasa yang dipelajari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan antara kata bilangan dalam bahasa Arab dan bahasa Indonesia serta kesulitan-kesulitan yang muncul dari perbedaan-perbedaan tersebut yang telah dianalisis pada bagian pembahasan. Penyebab kesulitan dikarenakan adanya perbedaan struktur kata bilangan baik dalam bahasa Arab maupun dalam bahasa Indonesia serta adanya interferensi kaidah bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama terhadap bahasa Arab sebagai bahasa kedua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis kontrastif, kata bilangan, bahasa arab, bahasa indonesia
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 Mar 2014 15:08
Last Modified: 07 Apr 2017 15:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10098

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum