SOFT SKILLS GURU DALAM FILM SANG PENCERAH KARYA HANUNG BRAMANTYO (Studi Analitik Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru)

MUHAMMAD SHOLIKHIN, NIM. 09480020 (2013) SOFT SKILLS GURU DALAM FILM SANG PENCERAH KARYA HANUNG BRAMANTYO (Studi Analitik Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru). Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (SOFT SKILLS GURU DALAM FILM SANG PENCERAH KARYA HANUNG BRAMANTYO (Studi Analitik Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SOFT SKILLS GURU DALAM FILM SANG PENCERAH KARYA HANUNG BRAMANTYO (Studi Analitik Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (788kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya penelitian dari Harvard University yang mengagetkan dunia pendidikan di Indonesia, hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kesuksesan seseorang ditentukan 20 % adalah kompetensi pedagogik dan profesional ( hard skilsl ), sedangkan sisanya 80 % adalah kompetensi kepribadian dan sosial ( soft skills ). Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis tentang soft skills guru yaitu kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru dalam film Sang Pencerah, serta relevansinya terhadap nilai pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research) dengan mengambil: Film Sang Pencerah Karya Hanung Bramatyo. Pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan pragmatis. Pendekatan ini penulis gunakan untuk mendiskripsikan Soft Skills guru dalam film Sang Pencerah tersebut. Pengumpulan data melalui dokumentasi, yaitu melalui teks tertulis, majalah, dokumen, internet dan sebagainya yang dapat mendukung kajian penelitian. Analisis data yang digunakan dengan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan: I. A. Isi (soft skills) kompetensi kepribadian guru dari film Sang Pencerah meliputi: 1. Kejujuran,. 2. Tanggung jawab,. 3. Toleransi,. 4. Menghargai orang lain,. 5. Kemampuan bekerjasama,. 6. Bersikap Adil,. 7. Kemampuan mengambil keputusan,. 8. Kemampuan memecahkan masalah,. B. Sedangkan kompetensi sosial guru meliputi: 1. Keterampilan bernegosiasi,. 2. Presentasi,. 3. Melakukan mediasi,. 4. Kepemimpinan,. 5. Berkomunikasi dengan pihak lain,. 6. Berempati dengan pihak lain,. B. Soft skills guru, Kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial dalam film Sang Pencerah sudah relevan dengan nilai-nilai pendidikan Islam. Kata kunci : Soft skills guru, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Zainal Abidin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Soft skills guru, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Feb 2014 08:21
Last Modified: 27 Jan 2017 16:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10106

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum