PRINSIP-PRINSIP POSTMODERN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

AHMAD NADHIF, NIM. 08470099 (2012) PRINSIP-PRINSIP POSTMODERN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Ahmad Nadhif, Prinsip-prinsip Postmodern dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mendapatkan informasi dan pengetahuan tentang prinsip-prinsip postmodern secara mendalam serta mengetahui relevansi prinsip-prinsip postmodern dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis-analitis, yaitu mengkaji obyek penelitian dalam sudut pandang filsafat dengan analisis yang mendalam. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Dokumentasi dan penelitian ini bersifat deskriptif-Analitis. Kecenderungan pada pemikiran yang rasional modernisme mengukuhkan kebenaran sebagai hasil yang obyektif dan universal. Sehingga pola struktur dan paradigma pemikiran mempengaruhi kesadaran manusia secara keseluruhan. Oleh karena itu, postmodernisme sebagai gerakan kultural yang mendobrak kecenderungan positivistik-empiristik menjadi ambiguitas dan absurb, yang diusung oleh metode dekonstruksi, paralogy dan intersubyektifitas. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini, Konseptual pendidikan Islam dapat diinkorporasikan dengan prinsip-prinsip postmodern. Pertama, konseptual pendidikan Islam yang terkesan normatif dan etis harus didekonstruksi dengan pengkajian kritis dan inklusif, karena jika pendidikan Islam masih menggunakan konseptual serupa maka pendidikan akan menjadi penjara yang bertopeng keagamaan. Dekonstruksi disini bermakna afirmatif, sehingga konsep ketauhidan dalam pendidikan Islam harus tetap dijaga dan tranformasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, ragam epistemologi yang terdapat dalam keilmuan pendidikan Islam dapat dipadukan dengan konsep integrasi-interkoneksi, karena disadari bahwa masing epistemologis mempunyai bahasa tersediri. Secara praksis dan eksoteris ketiga epistemologi tersebut tidak dapat dipadukan, namun dengan kesadaran baru bahwa refleksivitas terhadap realitas yang tidak sepenuhnya menampilkan wajahnya, bisa jadi dialog antar epistemologi terjadi secara kritis dan terbuka. Relevansi prinsip-prinsip postmodernisme dengan pedagogi dalam pendidikan Islam adalah proses pedagogi hendaknya dihadirkan sebagai proses permainan, penciptaan, karya pembentukan, proses kreatif-imajinatif, sebagai tawaran yang memungkinkan untuk memahami realitas. Relevansi tematik dalam pendidikan Islam terwujud dalam pendidikan multikultural, pluralisme dan pendidikan Inklusi, sehingga perbedaan lebih dari identitas menyarankan pada kita bahwa harus melihat hubungan-hubungan sistematik antara pelbagai fenomena yang berbeda ketimbang mengamati persamaan antara pelbagai realitas dan melihatnya sebagai substansi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: postmodenisme, dekonstruksi, pluralisme dan paralogy
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 12 Mar 2014 09:43
Last Modified: 12 Mar 2014 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10117

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum