PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE MTsN YOGYAKARTA II

MIRANI YUNIKA WATI, NIM. 06470006 (2012) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI KELAS IXE MTsN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)

Abstract

Mirani Yunika Wati. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa di Kelas IX E MTsN Yogyakarta II. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2012. Penelitian ini memiliki latar belakang masih minimnya kecerdasan emosi membuat siswa di MTsN Yogyakarta II khususnya kelas IX E tidak dapat mengendalikan dan mengontrol emosinya yang mengakibatkan emosi diarahkan kepada hal-hal yang negatif misalnya sering berkelompok dengan anak-anak nakal dan banyak siswa yang sering membolos. Untuk dapat mengendalikan dan mengontrol emosi siswa masih membutuhkan adanya bimbingan, arahan dan motivasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II, dan bagaimanakah langkah-langkah guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II dan untuk mengetahui langkah-langkah guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II Jenis Penelitian adalah penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah guru BK kelas IX E MTsN Yogyakarta II, kepala sekolah MTsN Yogyakarta II dan siswa kelas IX E MTsN Yogyakarta II . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif analitik. Hasil Penelitian dapat dianalisis bahwa 1) Peran guru BK dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II sebagai motivator peningkatan kecerdasan emosional siswa. Sebagai motivator guru BK memberikan bimbingan, arahan, dorongan serta contoh tindakan yang dapat dilakukan siswa dalam meningkatkan kecerdasan emosinya yang meliputi aspek pemahaman, pencegahan, pengentasan serta pemeliharaan dan pengembangan. 2) Langkah-Langkah yang dilakukan guru BK dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di kelas IX E MTsN Yogyakarta II antara lain: Dalam hal a) Kesadaran diri membekali siswa dengan berbagai pengetahuan dan informasi untuk dapat memecahkan masalah. b) Pengelolaan emosi guru BK melakukan pendekatan kepada siswa, menerapkan kedisiplinan, mengadakan bimbingan psikologis, menghindari stress yang berlebihan, menerapkan sistem belajar murder, memupuk rasa percaya diri, mengadakan bimbingan keagamaan. c) Pemanfaatan emosi secara produktif mengadakan kegiatan pengembangan diri, kegiatan AMT, program rintisan madrasah unggul. d) Empati guru mengajarkan peduli terhadap lingkungan.e) Membina hubungan dengan memberikan informasi tentang kecakapan hidup, serta program home visit Kata kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Kecerdasan Emosional Siswa, di Kelas IX E MTsN Yogyakarta II

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Kecerdasan Emosional Siswa,di Kelas IX E MTsN Yogyakarta II
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 12:57
Last Modified: 27 Mar 2017 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10135

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum