PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) SEBAGAI SUMBER POKOK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIIIA MTs NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

ANI HARYANI, NIM. 08420052 (2012) PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) SEBAGAI SUMBER POKOK PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VIIIA MTs NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)

Abstract

Ani Haryani. Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sebagai Sumber Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VIIIA MTsN Tempel Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Sunan Kalijaga. 2012. Pada umumnya, pembelajaran bahasa Arab menggunakan buku paket sebagai sumber pembelajaran, sedangkan Lembar Kerja Siswa hanya sebagai penunjang pembelajaran. Namun kenyataannya di MTsN Tempel LKS khususnya bahasa Arab dijadikan satu-satunya sumber pembelajaran. Itulah sebabnya penelitian ini ingin mengungkap (1) mengapa LKS dijadikan sumber pembelajaran, (2) bagaimana penggunaan LKS dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VIIIA MTsN Tempel , dan (3) apakah kualitas LKS sudah memenuhi kriteria sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan digunakannya LKS sebagai sumber pembelajaran bahasa Arab di MTsN Tempel, bagaimana penggunan LKS sebagai sumber pembejaran bahasa Arab, serta analisis LKS yang digunakan sebagai bahan ajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan melakukan penelitian di kelas VIIIA MTsN Tempel. Sumber datanya adalah Kepala Sekolah, guru mata pelajaran bahasa Arab dan sebagian siswa-siswi yang bersangkutan. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) LKS bahasa Arab di MTsN Tempel digunakan dengan alasan dapat dijangkau siswa, faktor ekonomi wali murid yang kurang mampu, dan dapat membantu guru dan murid dalam proses belajar mengajar bahasa Arab. (2) Penggunan LKS lebih sering digunakan dari pada buku paket, hal ini dikarenakan buku paket yang ada belum mencukupi untuk dimiliki setiap murid selain itu juga antara materi yang di LKS dan buku paket berbeda sehingga guru kesulitan untuk mengkombinasikannya. (3) LKS yang digunakan MTsN Tempel mengacu peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Materinya mudah dipahami, kalimat yang digunakan jelas, singkat, tidak menimbulkan salah konsep, serta bahasa yang digunakan komunikatif, dan interaktif, dan pada aspek tampilan desain lks sangat menarik, tulisan dan gambar jelas dan bagus sehingga mendorong minat baca siswa hanya dengan melihat lks sekilas tanpa melihat lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penggunaan LKS, sumber pembelajaran, bahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 12:52
Last Modified: 06 Apr 2017 16:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10142

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum