PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII D MTS NEGERI SEMANU GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

MUH. HAFIDZ ATHOILLAH, NIM. 08470018 (2012) PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII D MTS NEGERI SEMANU GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MUH. HAFIDZ ATHOILLAH, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VIII D MTsN Semanu Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Berangkat dari tidak adanya inovasi dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN Semanu yang menjadikan siswa cenderung tidak memiliki motivasi untuk mengikuti pelajaran sehingga mengakibatkan prestasi belajar rendah. Maka peneliti mencoba menawarkan sebuah pembelajaran dengan mengkombinasikan kemajuan teknologi informasi, yaitu pembelajaran berbasis teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan proses belajar mengajar modern, yang lebih efektif dan menarik guna meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII D MTsN Semanu Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Semanu Gunungkidul tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 148 siswa. Sedangkan sampel adalah kelas VIII D sebanyak 30 siswa. Tindakan dalam penelitian ini sebanyak dua siklus yang masing-masing siklus dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan: teknik observasi, wawancara, dukumentasi, angket dan tes. Adapun untuk menganalisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu pengumpulan data, dianalisa untuk ditarik kesimpulan yang terkait dengan peneliti cari. Peneliti juga menggunakan data sekunder berupa angket, untuk memperkuat hasil. Khusus untuk analisis penghitungan angket dipakai berupa analisis statistik dengan pedoman skala likert dan perhitungannya menggunakan program SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pembelajaran berbasis teknologi informasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII D MTsN Semanu dengan bukti banyaknya perubahan positif pada tingkah laku siswa saat proses pembelajaran, dengan meningkatnya rasa senang mengikuti pembelajaran, perhatian, munculnya rasa ingin tahu, adanya rasa tertarik, dan antusiasme yang tinggi. Hal ini juga di perkuat oleh hasil data skunder dimulai pra tindakan pada 5 indikator motivasi dari 30 siswa mayoritas ada pada level “rendah” (rendah:27,sedang:2,tinggi:1), peningkatan yang signifikan ada pada siklus I yang mayoritas ada pada level “sedang” (s:19,r:8,t:3) dan diakhiri pada siklus II yang mayoritas siswa ada pada level “tinggi” (t:18,s:9,r:3). (2) Dengan keberhasilan peningkatan motivasi belajar, diikuti keberhasilan peningkatan prestasi belajar yang pada awalnya (pra tindakan) dengan keadaan siswa yang tuntas KKM ratarata 11 siswa, setelah diadakan tindakan siklus I hasilnya siswa yang tuntas KKM meningkat 2x lipat menjadi 22 siswa, dan disempurnakan tindakan siklus II dengan hasil 100% tuntas KKM. Ini berarti pembelajaran berbasis teknologi informasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII D MTsN Semanu Gunungkidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: teknologi informasi, prestasi belajar, siswa, metode pembelajaran
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 12:57
Last Modified: 27 Mar 2017 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10151

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum