PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI METODE MIND MAPPING DI KELAS X E MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012

MUHAMMAD AMIQ EL HAQ, NIM. 08420170 (2012) PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI METODE MIND MAPPING DI KELAS X E MAN MAGUWOHARJO SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MUHAMMAD AMIQ EL HAQ. Peningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Mind Mapping Di Kelas X E MAN Maguwoharjo Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2012. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya minat siswa ketika belajar di kelas, banyak kalangan pelajar menganggap belajar adalah aktivitas yang tidak menyenangkan hanya duduk berjam-jam dengan mencurahkan perhatian dan pikiran pada suatu pokok bahasan. Sama halnya dengan pembelajaran Bahasa Arab di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta, hal ini disebabkan karena pembelajaran berlangsung secara monoton, dan tidak melibatkan siswa untuk terlibat aktif. Dan salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah penerapan metode Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti, menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas X E MAN Maguwoharjo Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, sementara itu analisis kuantitatif digunakan untuk mendukung pendekatan kualitatif sehingga diperoleh data yang lebih komperhensif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan: pelaksanaan tindakan berlangsung selama tiga siklus dengan satu kali siklus dengan satu kali pertemuan untuk masingmasing siklus. Siklus I pembelajaran belum berjalan sesuai RPP, akan tetapi siswa sudah merasa senang dengan tindakan yang dilakukan. Siklus II peningkatan minat sudah terlihat dengan adanya partisipasi aktif dari siswa dalam pembelajaran. Siklus III minat sudah meningkat terlihat dari perbandingan hasil angket pra tindakan dan pasca tindakan baik secara individu maupun secara keseluruhan adapun prosentase peningkatan keseluruhan adalah sebesar 10,94 % .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: mind mapping, pendidikan bahasa arab, metode pembelajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 12 Mar 2014 12:57
Last Modified: 10 Apr 2017 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10153

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum